Home
Peta Situs
Kontak Kami
Buku Tamu
Links

Visi & Misi
Program Kerja
TUPOKSI
Strategi
Kebijaksanaan
Struktur
Bulletin

Agenda Kegiatan
Konsultasi
Galeri
Puskesmas
Apotik
Rumah Sakit
Dokter
Lab. Klinik
Perijinan
BOK
Data Kesehatan

Dokter Jaga
Apotik Jaga
Apotik 24 Jam
ICU/UGD
 
KEPESERTAAN PENERIMA JAMKESDA KOTA YOGYAKARTA

2012-03-21
Kesehatan merupakan hak fundamental setiap manusia, maka sejak tahun 2005, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyelenggarakan Jaminan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan melalui pembentukan UPT Penyelenggara Jaminan Kesehatan Daerah (UPT PJKD). Tujuan Penyelenggaraan Jamkesda adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara memberikan bantuan agar penduduk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan secara efektif dan efisien.

Dasar penyelenggaraan bantuan jaminan kesehatan adalah Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 25 Tahun 2011. Adapun identitas sasaran penerima Jamkesda adalah sebagai berikut :

1. KMS (Kartu Menuju Sejahtera)

KMS merupakan identitas masyarakat miskin yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinsosnakertrans dan dilakukan update data setiap tahun. Untuk tahun 2012, KMS baru telah diterbitkan pada 9 Februari 2012. Masyarakat yang memiliki KMS dan tidak memiliki Jamkesmas maupun Jamkessos, dapat mengakses jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) di UPT PJKD, dengan menunjukkan KMS yang berlaku. Untuk mengetahui apakah seseorang masuk dalam daftar masyarakat pemegang KMS 2012 dapat menghubungi Kelurahan masing-masing atau Dinsosnakertrans. Dengan diterbitkannya KMS baru, maka KMS lama tidak berlaku.

2. Rekomendasi Dinsosnakertrans

Bagi masyarakat yang tidak mampu dan tidak memiliki jaminan kesehatan apapun dapat mengakses Jamkesda melalui mekanisme rekomendasi. Dalam waktu 3x24 jam hari kerja segera setelah pasien rawat inap di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan Jamkesda. Untuk dapat diterbitkan rekomendasi dari Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta dengan kelengkapan Surat pengantar RT/ RW, Kelurahan/ Kecamatan.

3. Kartu Jamkesda

a. Untuk pengurus RT, RW, LPMK, PKK RW, Kader Kesehatan, Naban, Guru Tidak Tetap Swasta, pengelola tempat ibadah, Petugas Sosial Masyarakat di kota Yogyakarta;

b. Untuk penderita HIV/ AIDS, lansia terlantar.

Untuk kartu Jamkesda akan dilakukan updating peserta Jamkesda ( PHL/ GTT, Kader, Pengelola Tempat ibadah, RT/RW, Lansia,HIV AIDS) dengan pengadaan kartu baru. Selama kartu baru belum terbuat, pemegang kartu lama masih dapat mengakses jaminan kesehatan di UPT PJKD.

4. Program penurunan angka kesakitan/ kematian dan program kesehatan lainnya. Masyarakat dapat mengakses program tersebut melalui surat keterangan kejadian darurat dari Puskesmas, Rumah sakit atau aparat yang berwenang menangani kasus di tempat kejadian.

Untuk korban kekerasan rumah tangga, korban kekerasan terhadap perempuan, korban kekerasan terhadap anak, rujukan anak sekolah hasil penjaringan kesehatan, rujukan deteksi dini tumbuh kembang anak (DDTKA) dan deteksi dini Tumbuh kembang bayi (DDTKB), korban bencana, korban kerusuhan, kecelakaan anak untuk program SEGOSEGAWE, TB dan leptospirosis.

5. Program “YES118”

Merupakan program Pemerintah daerah yang bertujuan memberikan pelayanan kegawatdaruratan medis yang terjadi di masyarakat di wilayah kota Yogyakarta secara cepat dan tepat, yang dibiayai/ dijamin/ dibantu selama 24 (dua puluh empat) jam pertama di Rumah Sakit dan pada proses evakuasi dari tempat kejadian ke Rumah Sakit. Program ini dapat diakses oleh masyarakat yang terlebih dahulu harus memanfaatkan call center 118 atau (0274) 420118.

6. Penanganan kasus korban bencana alam lahar dingin Merapi di sepanjang Kali Code.

Sumber :Jamkesda Yk

Cari Data
Berita
Pelayanan Kesehatan
Promosi Kesehatan
P2PL
Konsultasi
Peraturan Perundang-undangan
  Hak Cipta © 2005 - Pemerintah Kota Yogyakarta