Berita

PELATIHAN KADER PEMBERIAN MAKAN BAYI DAN ANAK (PMBA)

Dilihat 4952 kali   15/07/2016 04:08:32 WIB

Tim Website Dinkes

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta telah mengadakan pelatihan untuk kader Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) sebanyak 3 angkatan pada tahun 2016. Angkatan pertama dan kedua dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 21 Mei 2016 bertempat di Rumah Pemulihan Gizi. Angkatan ke dua dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 28 Mei 2016 bertempat di Balai RW 03 Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo.

Pelatihan per angkatan berlangsung 6 hari dengan durasi 24 jam. Peserta angkatan pertama sejumlah 12 orang kader dari wilayah Kecamatan Wirobrajan. Angkatan kedua sejumlah 12 orang kader dari wilayah Kecamatan Ngampilan. Angkatan ketiga sejumlah 12 orang kader dari wilayah Kecamatan Tegalrejo.

Tujuan dari pelatihan kader  adalah untuk membekali mereka dengan  pengetahuan, ketrampilan dan alat untuk mendukung ibu, ayah dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak secara optimal.

Pada tahun 2017 juga sudah direncanakan untuk mengadakan pelatihan kader PMBA untuk mendukung Gerakan Nasional Seribu Hari Kehidupan untuk mencegah anak agar tidak mengalami stunting (pendek). Seribu hari kehidupan adalah sejak bayi dalam kandungan hingga anak berumur 24 bulan (2 tahun), merupakan masa emas pertumbuhan dan perkembangan anak, dimana asupan atau pemberian makan sangat penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Mulai dari Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Pemberian ASI Eksklusif (ASI saja sejak bayi lahir sampai dengan 6 bulan, Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dan Melanjutkan pemeberian ASI hingga anak umur 2 tahun.

 


 

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago