LOMBA KRIDA SAKA BAKTI HUSADA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016

Pentingnya kesehatan dalam kehidupan masyarakat membutuhkan banyak kader kesehatan yang dapat memberikan penyuluhan dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari–hari. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan bagi generasi muda untuk selalu mengasah pengetahuan tentang Kesehatan baik untuk keadaan biasa maupun keadaan darurat. Salah satu contoh kegiatan yang dapat mengasah kemampuan generasi muda dalam memahami pengetahuan tentang kesehatan ialah melalui ajang lomba sehingga generasi muda termotivasi dan tertantang untuk terus belajar meningkatkan pengetahuannya, khususnya dalam bidang kesehatan.

Dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota masyarakat di lingkunganya. Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada yang merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri generasi muda kepada masyarakat dalam bidang kesehatan merasa berkewajiban untuk terus membina generasi muda agar terus belajar dan dapat menjadi contoh berperilaku hidup bersih dan sehat dalam masyarakat.

Sebagai salah satu wujud tanggungjawab yang besar dalam kaitannya proses pembangunan generasi muda dalam bidang kesehatan. Berkenaan dengan hal tersebut, maka Pimpinan Saka Bakti Husada membentuk sebuah Panitia Kerja melalui Dewan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Kota Yogyakarta untuk mengadakan kegiatan Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA sederajat se– Kota Yogyakarta.

 

Acara yang diselenggarakan pada Minggu tanggal 21 Agustus 2016 dan dibuka dengan upacara Saka Bakti husada di lapangan Balai Kota Yogyakarta pada pukul 08.00 WIB, dan dihadiri Dr Fita Yulia Kisworini M.Kes selaku pembina upacara.

Panitia lomba dikerjakan kakak-kakak dari SBH dan Staf Promosi kesehatan Kota Yogyakarta.

Adapun peserta diambil dari siswa – siswi SMP dan SMA Kota Yogyakarta, yang diwakili 8 Sekolahan SMP dan 12 Sekolahan SMA.

Adapun yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut adalah;

  1. Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)
  2. Senam Pramuka
  3. Penyuluhan Remaja Sehaat

 

Acara selesai pukul 16.00 WIB dan ditutup dengan upacara Saka Bakti Husada serta penyerahan tropy dan hadiah para pemenang lomba krida.


comments powered by Disqus