TIPS GERMAS SELAMA PUASA

Bulan Ramadhan adalah bulan yang baik untuk memulai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dimana gerakan masyarakat hidup sehat terdiri dari 3 kegiatan yaitu makan buah dan sayur, aktifitas fisik dan cek kesehatan rutin. Bukan berarti di bulan puasa kita jadi malas-malasan. Tapi kita perlu menyesuaikan kegiatan sehari-hari sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh tetap optimal. Pada waktu sahur kita perlu perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayuran. Serta perbanyak minum air putih.

Sebisa mungkin kurangi makanan yang mengandung minyak, lemak dan garam karena akan menyebabkan rasa haus dan lesu selama puasa. Hindari makanan pedas karena makanan pedas akan menyebabkan iritasi lambung. Usahakan tidak makan makanan tinggi guladan pada saat sahur karena bisa meningkatkan asam lambung.  Serta hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi karena bersifat diuretik dengan buang air kecil yang berlebih.

Waktu berbuka minumlah air hangat dan makan makanan manis dari buah buahan seperti pisang, jambu, pepaya, kurma, dll.  minum minuman manis alami seperti air kelapa dan jus buah tanpa gula tambahan. Usahakan makan besar dilakukan setelah solat magrib. Makan besar tidak dengan menambah porsi makan tetapi tetap mempertahankan gizi seimbang. Anjuran konsumsi harian sayur sebanyak 3 porsi dan buah 2 porsi. Satu porsi sayur setara dengan 1 gelas sayur tanpa kuah. Satu porsi buah setara dengan satu buah pisang sedang (100gr) atau satu potong pepaya sedang (100gr). Untuk karbohidrat secukupnya bisa diambil dari nasi, jagung, kentang, oat, dll. Untuk lauk bisa menggunakan ikan yang dikukus karena memiliki kandungan  gizi yang baik seperti omega 3, HDL, kalsium, fosfor untuk kesehatan organ tubuh.. Jaga asupan cairan dengan memperbanyak minum air putih.

Selama berbuka puasa perlu menghindari makanan yang bisa memacu terjadinya berbagai macam seperti Hipertensi, Jantung dan Diabetes. Untuk mencegah hipertensi hindari berbuka dengan makananan asin  setiap hari seperti telur asin, kecap asin, ikan asin, keripik kentang, saos tomat, saos cabe, MSG, dll. Untuk menjaga jantung tetap sehat sebaiknya hindari makanan seperti gorengan, sop buntut, sate, daging kambing, sosis, jeroan, burger, masakan bersantan, bebek/kulit ayam, dll. Untuk mencegah diabetes kurangi asupan gula tambahan selama berbuka dan sahur. Anjuran asupan gula perhari tidak lebih dari 50gr/hari setara dengan 4 sendok makan. Puasa bukan halangan untuk hidup sehat tetapi puasa adalah langkah awal untuk menjalankan hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari.


comments powered by Disqus