SELEKSI NAKES TELADAN DI PUSKESMAS TK KOTA YOGYAKARTA TH 2017

Tahun 2017 ini Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyelenggarakan seleksi tenaga kesehatan teladan. Ada 4 kriteria yang diseleksi, yakni Dokter Gigi, Perawat, Bidan, dan Nutisionis. Sama seperti tahun sebelumnya, seleksi tenaga kesehatan teladan terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara.

Ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2017. Soal tertulis terdiri dari pengetahuan umum, program nasional, dan pengetahuan tentang profesi masing-masing. Tes tertulis diikuti sebanyak 16 orang.

Selanjutnya tes wawancara dilaksanakan pada 27 Juli 2017 dan 1 Agustus 2017. Pewawancara pada tes ini adalah Tim Seleksi dan Pembina Tenaga Kesehatan Teladan Kota Yogyakarta yang melibatkan perwakilan dari setiap profesi dan lintas sektor. Mengacu pada PMK No. 23 tahun 2016 tentang Pemberian Penghargaan Bagi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas, pedoman tes wawancara merupakan komponen penilaian kinerja tenaga kesehatan yang disesuaikan dengan peran dan fungsi Tenaga Kesehatan di Puskesmas. Komponen tersebut meliputi :

  1. Tenaga Kesehatan sebagai Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
  2. Tenaga Kesehatan sebagai Tenaga Pemberdayaan Masyarakat
  3. Tenaga Kesehatan sebagai Pemberi Pelayanan Kesehatan Strata Pertama
  4. Tenaga Kesehatan sebagai Pegawai Puskesmas
  5. Tenaga Kesehatan sebagai Tenaga Kesehatan Profesional
  6. Tenaga Kesehatan sebagai Anggota Masyarakat

Berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara akan ditentukan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas untuk masing-masing kriteria. Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Kota Yogyakarta yang terpilih akan menjadi wakil Kota Yogyakarta dalam pemilihan tingkat DIY tahun 2018.


comments powered by Disqus