WORKSHOP PERHITUNGAN KEBUTUHAN SDM KESEHATAN TK KOTA YOGYAKARTA

Dalam rangka penyusunan perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan di Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan menyelenggarakan Workshop Perhitungan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Kota Yogyakarta di Ruang Kusuma 2 SMK SMTI Yogyakarta. Maksud dan tujuan workshop adalah mensosialisasikan Kebijakan dan Aplikasi Perencanaan SDM Kesehatan serta melakukan perhitungan kebutuhan SDM Kesehatan secara online. Pelaksanaan workshop di bagi menjadi 2 gelombang dengan peserta 35 orang/gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 28 & 29 Agustus 2017 dengan peserta dari perwakilan BKPP Kota Yogyakarta, Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta, Kepala Sub. Bag. TU Puskesmas dan perwakilan profesi kesehatan di Puskesmas Kota Yogyakarta. Gelombang kedua, tanggal 4 & 5 September 2017 dengan peserta Perwakilan dari Rumah Sakit Pemerintah di Kota Yogyakarta dan perwakilan seksi dan sub. bagian di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Workshop ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Hari pertama, Workshop dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr. Fita Yulia Kisworini, M.Kes. dan dilanjutkan dengan penyampaian materi Kebijakan Dinas Kesehatan dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan SDMK. Selanjutnya, Rahmat Dwi Suryanto, SKM., MH.Kes selaku narasumber dari Kesehatan DIY menyampaikan materi dan praktik Penggunaan Aplikasi ABK (Analisis Beban Kerja) Kesehatan dalam Penyusunan Kebutuhan SDMK. Pada Workshop gelombang kedua, ditambah materi Perencanaan Kebutuhan SDMK yang disampaikan oleh drg. Ririn Puspandari, M.Kes., Kepala Seksi Bina Tenaga dan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan DIY.

Hari kedua, Workshop dilanjutkan Praktik Penggunaan Aplikasi ABK (Analisis Beban Kerja) Kesehatan dalam Penyusunan Kebutuhan SDMK dipandu oleh Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Murtiari, SKM. dan dilanjutkan dengan materi Penggunaan Aplikasi Standar Ketenagaan Minimal dalam Penyusunan Kebutuhan SDMK dan praktiknya dipandu oleh Triana Pujiharyati, SKM. Materi terakhir, Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil disampaikan oleh Kepala Sub. Bag. Umum dan Kepegawaian Donas Kesehatan Kota Yogykarta, Sukantoro, SKM., M.Kes.

Penyelenggaraan workshop ini didanai dari APBN untuk Dinas Kesehatan DIY. Tujuan akhir dari Workshop Perhitungan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Kota Yogyakarta ini adalah dapat tersusunnya Dokumen Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2017.


comments powered by Disqus