Berita

SOSIALISASI PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCEGAHAN KECACINGAN BAGI KADER

Dilihat 951 kali   25/10/2017 03:23:39 WIB

Tim Website Dinkes

Dalam rangka pencegahan kecacingan di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo II Kota Yogyakarta, pada pertemuan rutin bulanan kader kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2017, disampaikan sosialisasi program pemberian obat pencegahan kecacingan pada anak usia balita melalui kegiatan posyandu yang akan dilaksanakan pada bulan November 2017. 

Diketahui bahwa Angka prevalensi Prevalensi kecacingan di Indonesia : 43%-45% di anak-anak. Akibat dari kecacingan pada anak antara lain Anemia dan Malnutrisi. Adapun tujuan program pemberian obat pencegahan kecacingan menurunkan angka malnutrisi dan anemia pada anak dan remaja.

Disampaikan pula bahwa peran kader kesehatan dalam mensukseskan program pemberian obat pencegahan kecacingan antara lain Menyiapkan sasaran pencegahan kecacingan; menyiapkan tempat dan sarana pendukung minum obat cacing massal; memberikan obat kecacingan ke Balita; membuat laporan hasil kegiatan. Kader diberikan pemahaman tentang dosis pemberian untuk anak usia 12 – 23 bulan diberikan dosis 200 mg, sedangkan untuk anak usia 24 – 59 bulan diberikan dosis 400 mg. (MT)

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago