Berita

MAPPING PKL MAHASISWA DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA SEMESTER II

Dilihat 877 kali   16/09/2015 03:26:29 WIB

Tim Website Dinkes

Permohonan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Institusi pendidikan kesehatan hampir di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta, baik negeri maupun swasta mengajukan permohonan PKL mahasiswa di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

              Pelaksanaan PKL Mahasiswa ini dilaksanakan dengan adanya kerjasama (MoU) antara Dinas Kesehatan dan Institusi pendidikan kesehatan. Untuk mengakomodir permohonan PKL tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengagendakan perencanaan atau Mapping Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa. Mapping PKL Mahasiswa dilaksanakan 2 periode setiap tahunnya. Periode semester I dilaksanakan pada bulan Januari – Juni dan semester II pada bulan Juli – Desember.

              Mapping PKL mahasiswa periode semester II tahun 2015 ini diikuti 16 Institusi pendidikan dengan berbagai  jurusan / program studi. Mapping PKL ini diawali dengan adanya pertemuan dengan Institusi pendidikan kesehatan di Yogyakarta yang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pada hari Senin, 4 Mei 2015 di Aula Kresna Husada, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Pada pertemuan tersebut Institusi pendidikan kesehatan mengajukan jadwal PKL mahasiswa di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, bisa di Puskesmas dan kantor Dinas Kesehatan. Dari jadwal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Seksi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PSDMK) dibuat perencanaan/Mapping berdasarkan tempat PKL. Selanjutnya hasil Mapping sementara di koordinasikan dengan Puskesmas untuk penyesuaian jadwal dan jumlah mahasiswa PKL. Setelah jadwal dan jumlah mahasiswa PKL sesuai dengan kondisi puskesmas maka Mapping PKL selesai dan Dinas Kesehatan membuat Surat Rekomendasi kegiatan PKL Mahasiswa. Selanjutnya Surat rekomendasi dan Hasil Mapping PKL sebagai dasar permohonan PKL mahasiswa di Dinas Perijinan Kota Yogyakarta dan selanjutnya mahasiswa melaksanakan PKL di tempat yang telah dijadwadkan dalam Mapping.

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago