Berita

SOSIALISASI PERWAL NO 64 TAHUN 2010 TENTANG HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN PANGAN

Dilihat 542 kali   07/10/2015 05:37:03 WIB

Tim Website Dinkes

Sosialisasi Perwal 64 tahun 2010 tentang Hygiene Sanitasi pengelolaan Pangan ini dilaksanakan untuk memberi pengertian kepada pelaku usaha kuliner di sekitar Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan , dan Terminal Giwangan  tentang Hygiene dan Sanitasi Pangan, sehingga diharapkan tercipta kondisi PKL yang sehat baik sehat Makanan Jajanannya, sehat Penjamah makanannya, dan tentu saja Konsumen dari Makanan Jajanan tersebut.

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian , perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan , dan air, baik yang diolah maupun tidak yang diperuntukkan sebagai makan atau minuman bagi konsumsi manusia termasuk bahan tambahan pangan. 

Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya. misalnya : mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subyeknya , misal : menyediakan air yang bersih untuk mencuci tangan.

Cara Pengolahan Makanan yang baik meliputi 6 prinsip yaitu :

1. Pemilihan Bahan Makanan

2. Penyimpanan Bahan Makanan.

3. Pengolahan Makanan.

4. Penyimpanan bahan Masak.

5. Pengangkutan Makanan 

6. Penyajian Makanan

Bertempat di Gedung Pertemuan LPSE Balaikota Yogyakarta , Sosialisasi Perwal ini mendapat tanggapan positif dari pedagang yang hadir. mereka antusias dalam mengikuti sosialisasi ini.

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago