Berita

Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas

Dilihat 3697 kali   24/08/2020 00:52:55 WIB

Tim Website Dinkes

Keberhasilan pelayanan kesehatan melalui Puskesmas sangat memberikan efek yang besar dalam mewujudkan Program Indonesia Sehat, untuk mendukung mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas dibutuhkan SDM yang berkualitas. Agar terbentuk SDM yang berkualitas khususnya di Puskesmas, pemerintah mengadakan pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan (Nakes Teladan) di Puskesmas Tingkat Nasional yang diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para nakes untuk meningkatkan minat dan semangat serta memberikan penghargaan atas pengabdiannya di Puskesmas. Berdasarkan Permenkes Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemberian Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas, pemilihan Nakes teladan di Puskesmas tingkat Nasional diikuti oleh perwakilan Nakes Teladan di Puskesmas Tingkat Propinsi yang dipilih secara bertahap dari tingkat Kabupaten/Kota. Diawali dengan pemilihan Nakes Teladan ditingkat Kota yang disaring melalui tahap ujian tulis dan wawancara di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Nakes teladan Puskesmas tahun 2019 yang terpilih di tingkat Kota Yogyakarta menjadi wakil dari Kota Yogyakarta dalam pemilihan nakes teladan di Puskesmas tingkat DIY tahun 2020.

Latihan paparan inovasi nakes teladan sebagai salah satu kriteria penilaian

Pengalaman pemilihan nakes teladan di tahun sebelumnya, Kota Yogyakarta pernah meraih peringkat pertama di pemilihan tingkat DIY dan maju ke tingkat Nasional pada Tahun 2014 dengan Profesi Terapis Gigi dan Mulut (sebelumnya bernama Perawat Gigi) yang diwakili oleh Widiawati Puspita Rini, S.ST., Tahun 2016 dengan Profesi Perawat yang diwakili oleh Awaludin, AMK., Tahun 2017 dengan Profesi Bidan yang diwakili oleh Suheni, A.Md.Keb., dan Tahun 2019 dengan Profesi Dokter Umum yang diwakili oleh dr. Tri Kusumo Bawono, SE., dengan prestasi tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada nakes lain agar mengikuti jejak rekannya yang telah terpilih sebagai nakes teladan perwakilan DIY.

Mengacu pada Permenkes Nomor 23 Tahun 2016, kriteria penilaian Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas adalah nakes sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, nakes sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, nakes sebagai pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, nakes sebagai pegawai Puskesmas, nakes sebagai tenaga professional, dan nakes sebagai anggota masyarakat. Proses seleksi tingkat DIY terdiri dari uji tulis, uji wawancara, paparan inovasi kesehatan dari peserta, serta verifikasi lapangan. Pemilihan nakes teladan tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2020 sempat tertunda dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, dan proses penilaian hanya menggunakan dua kriteria yaitu uji tulis dan paparan program/inovasi, untuk verifikasi lapangan ditiadakan. Hasil penilaian Nakes Teladan Tingkat DIY Tahun 2020, perwakilan dari Kota Yogyakarta memperoleh hasil sebagai berikut : 

  1. Profesi Perawat diwakili Arif Sulistyanto, A.Md mendapat peringkat III
  2. Profesi Dokter Gigi diwakili drg. Eny Purdiyanti mendapat peringkat IV
  3. Profesi Nutrisionis diwakili Cahyono Teteki Bangun Harjono, A.Md mendapat peringkat IV
  4. Profesi Dokter Umum diwakili dr. Dewi Widowati mendapat peringkat V
  5. Profesi Bidan diwakili Sri Sulistyaningsih, S.ST mendapat peringkat V

Proses pemilihan Nakes Teladan Tahun 2020 Tingkat Kota Yogyakarta rencanya akan dilaksanakan pada Bulan September-Oktober dengan kategori Dokter, Perawat, ATLM (Ahli Tenaga Laboratorium Medik), Terapis Gigi dan Mulut, dan Sanitarian. Hasil penilaian Nakes Teladan tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2020 akan mewakili Kota Yogyakarta dalam penilaian tingkat DIY pada tahun 2022. Dengan waktu persiapan panjang ini diharapkan bisa memantapkan program inovasi yang dibuat dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan di wilayah kerja Puskesmas tersebut, dan tentunya menambah nilai yang tinggi bagi peserta seleksi.

Artikel oleh : Rizqy Amalia Nur Arista, Seksi Pengembangan Kapasitas SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago