BERITA

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 oleh Wakil Walikota Yogyakarta

15-Jan-2021

Tim Website Dinkes


Sambutan Wakil Walikota

Sambutan Wakil Walikota

Dinkes.jogja.

Pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta secara resmi dimulai pada Jum`at 15 Januari 2020. Pencanangan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Aula UPT RS Pratama dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, Wakil Walikota Yogyakarta, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua MUI, Kapolresta, Organisasi profesi IDI, IBI, PPNI, Patelki, PDM Kota Yogyakarta, PCNU Kota Yogyakarta, Tokoh Agama dan Kepala Dinas Kesehatan. Kehadiran Pimpinan Daerah, tokoh agama, pimpinan organisasi profesi, dan Kepala OPD Dinas Kesehatan selain secara resmi menetapkan dan menyaksikan pelaksanaan vaksinasi perdana di Kota Yogyakarta, mereka juga ditetapkan sebagai penerima perdana vaksin Covid-19 di Kota Yogyakarta.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan

Kegiatan pencanangan dilakukan dengan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah kehadiran. Untuk mengendalikan faktor risiko paparan dan interaksi (kerumunan), acara seremonial dibatasi dalam waktu yang singkat. Pemberian vaksin Covid-19 segera dilaksanakan kepada Pimpinan Daerah dan tokoh yang memenuhi persyaratan secara bergantian melalui meja 1 sampai dengan meja 4 dan observasi.

Pemberian Vaksin Kepada Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Wakil Walikota Yogyakarta

Pemberian Vaksin Kepada Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Wakil Walikota Yogyakarta

Dalam kesempatan sambutan, Wakil Walikota Yogyakarta selaku Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta dan penerima vaksin perdana menyampaikan pesan penegasan:

  1. Pemberian vaksin sebagai upaya memutus rantai penyebaran dan penguatan seluruh masyarakat dengan memperkuat ketahanan tubuh untuk melawan virus. Ibarat memasukkan ‘tentara’ dalam tubuh yang akan mempersiapkan tubuh mempersiapkan kemampuan melawan virus Covid-19.
  2. Memberikan penyadaran kepada masyarakat, bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu alat untuk memutus mata rantai penyebaran sehingga diharpkan menjadi Gerakan seluruh masyarakat.
  3. Vaksinasi ini jangan dipahami bahwa setelah mendapatkan vaksin dapat melakukan apa saja, tidak mengurangi kewaspadaan dengan Gerakan 5 M: Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak (> 1 m), Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas

Pada tahap pertama Vaksinasi di Kota Yogyakarta, Januari–April 2021 diprioritaskan pada sebanyak 4753 orang tenaga kesehatan, dengan vaksin yang telah dikirim oleh PCN-PE sebanyak 9800 dosis. Pada tahap berikutnya diharapkan bisa diberikan pada masyarakat.

Komitmen Forkopimda Kota Yogyakarta

Komitmen Forkopimda Kota Yogyakarta

Komitmen Tokoh Masyarakat Kota Yogyakarta

Komitmen Tokoh Masyarakat Kota Yogyakarta

Komitmen Tokoh Masyarakat Kota Yogyakarta

Komitmen Tokoh Masyarakat Kota Yogyakarta

Selaku Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta, Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan jaminan keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19. Wakil Walikota menyampaikan bahwa pada 13 Januari 2021 Presiden telah diberikan vaksin dan pada 14 Januari 2021 Gubernur, maka tidak perlu meragukan ragu dan khawatir karena POM telah mengeluarkan ijin (EUA : Emergency Use Aurhorization) dan MUI sudah menerbitkan fatwa halal untuk vaksin Covid-19. Di akhir sambutan Wakil Walikota menyampaikan harapan vaksinasi bisa dilaksanakan secara bersama-sama dimulai (dengan partisipasi seluruh masyarakat) tidak ada hambatan dan halangan. (SDR)


Statistik Kunjungan

Hari Ini 373
Bulan Ini 1.892
Tahun Ini 1.892
Seminggu Terakhir 2.692
Sebulan Terakhir 18.660
Setahun Terakhir 107.601
Total Pengunjung 233.600