BERITA

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan Kota Yogyakarta

19-Jan-2021

Tim Website Dinkes


Dinkes.jogja. Setelah pencanganan dan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Jumat, 15 Januari 2021, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran tenaga kesehatan di wilayah Kota Yogyakarta.

Vaksinasi dilaksanakan di 18 Puskesmas, 11 rumah sakit, dan 2 klinik (Bidokkes Polda DIY dan Klinik Polresta Yogyakarta).

Alur pemberian mengikuti ketetapan yang dikeluarkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). Calon penerima vaksin diharuskan memahami dan mengikuti alur yang telah disiapkan oleh Fasyankes.

Alur vaksinasi dilakukan melalui 4 meja, sebagai berikut :

Skrining Kesehatan di Meja 2
Skrining Kesehatan di Meja 2

Meja 1 :
Calon penerima vaksin akan didaftar dan dilakukan pemeriksaan data oleh petugas fasyankes, NIK, tiket vaksinasi, kesesuaian jadwal, dan lokasi.

Meja 2 :
Di meja 2 dilakukan skrining kesehatan dengan pengecekan suhu badan, tekanan darah, gula darah, dan lainnya; dan menanyakan beberapa informasi (pertanyaan pada aplikasi p-care). Di meja 2 ini akan ditentukan apakah calon penerima vaksin bisa melanjutkan vaksinasi atau tidak. Calon penerima vaksin diharapkan dapat menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh petugas.

Meja 3 :
Setelah selesai skrining dan dinyatakan bisa diberikan vaksin di meja 2, calon penerima vaksin menuju meja 3 untuk diberikan vaksin.

Meja 4 :
Selesai pemberian vaksin, penerima vaksin menuju meja 4 untuk menerima jadwal vaksinasi kedua, kartu vaksinasi, dan memastikan bahwa data dirinya sudah dimasukkan dalam sistem oleh petugas.

Selesai di meja 4 penerima vaksin menunggu di tempat yang telah disediakan selama 30 menit untuk dilakukan pengawasan oleh petugas.

Pemberian Vaksin di Meja 3
Pemberian Vaksin di Meja 3

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan telah melakukan persiapan pelaksanaan imunisasi secara baik. Petugas di fasyankes telah dibekali dengan teknis pelaksanaan, manajemen logistik, manajemen data, dan tatalaksana pasca vaksinasi; sehingga pelaksanaan dapat dilaksanakan secara aman dan baik.

Rencananya vaksinasi tahap I dilaksanakan sampai dengan 28 januari 2021. (SDR/Tim Website)


Statistik Kunjungan

Hari Ini 373
Bulan Ini 1.892
Tahun Ini 1.892
Seminggu Terakhir 2.692
Sebulan Terakhir 18.660
Setahun Terakhir 107.601
Total Pengunjung 233.600