BERITA

Pelatihan Rencana Strategis Pejabat Struktural Dinas Kesehatan

18-May-2022

Tim Website Dinkes


Satu kesatuan langkah dari seluruh komponen organisasi menjadi keniscayaan dalam merealisasikan tujuan organisasi. Layaknya orchestra langkah-langkah tersebut dimanifestasikan oleh masing-masing bagian sesuai dengan karakternya untuk membangun dan menyajikan irama terbaik yang bisa dinikmati oleh semua orang.
Langkah seiring sejalan dan dinamis akan terwujud jika semua komponen organisasi memiliki pemahaman yang sama terhadap nilai-nilai dasar organisasi, visi, misi berikut dengan turunannya yang dimanifestasikan dalam program, dan kegiatan dengan masing-masing indikatornya. Dalam hal ini diperlukan rencana strategis sebagai arah dan pedoman untuk merealisasikan tujuan organisasi yang terukur dan terstruktur pada periode tertentu.


Foto : Arahan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Memperhatikan hal tersebut Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan, Bidang Sumberdaya Kesehatan menyelenggarakan Pelatihan Rencana Strategis bagi Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Direktur dan Wakil Direktur RSUD Jogja, RS Pratama, Kepala Puskesmas dan Kepala Subbag TU Puskesmas. Pelatihan yang dilaksanakan pada 18 Mei 2022, dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00 dan diikuti oleh 68 orang peserta tersebut difasilitasi oleh Badan Mutu Pelayanan Kesehatan, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Foto : Peserta Pelatihan Rencana Strategis

Dalam arahan dan paparan materinya Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM mengharapkan seluruh pejabat struktural dapat melaksanakan ketugasan dengan memperhatikan penjabaran dan penjelasan kinerja dan target kinerja secara vertikal dari kinerja OPD, Bidang, Seksi/kelompok substansi sampai kepada seluruh pegawai atau cascading untuk merealisasikan indikator kinerja sesuai dengan jenjang/levelnya. Selain arahan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, pejabat struktural di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta diberikan pengkayaan pemahaman tentang Rencana Strategis antara lain ;
  1. Teknis Penyusunan Cascading pada Renstra OPD disampaikan oleh Ristyawati, S.T., M.Eng. Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Kota Yogyakarta;
  2. Sinkronisasi Renstra – RKPD – Renja – RKA dipaparkan oleh Iswari Paramita, S.K.M., M.P.A. Koordinator Kelompok Substansi Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kesehatan;
  3. Strategi Penatausahaan Keuangan Yang Efektif disampaikan oleh RR Dwi Lestari Setyaningsih, S.E., M.M., Kepala Sub Bidang Belanja Daerah - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta.


Foto : Peserta Pelatihan Rencana Strategis Foto Bersama

Pasca pelatihan diharapkan seluruh pejabat struktural di lingkungan Dinas Kesehatan memiliki pemahaman yang sama terkait dengan Rencana Strategis Dinas Kesehatan utamanya Rencana Strategis Transisi/Antara (2022 – 2026).
(SDR)