Berita

Peringatan Hari Jadi Pemerintahan Kota Yogyakarta Ke-75

Dilihat 1036 kali   08/06/2022 10:01:00 WIB

Tim Website Dinkes

Balaikota. Selasa, 7 Juni 2022 adalah hari jadi Pemerintahan Kota Yogyakarta yang Ke-75 berdasarkan ketetapan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1947. Peringatan hari jadi pada tahun 2022 diperingati secara sederhana dengan upacara di halaman Balaikota yang dipimpin oleh Sekretaris Kota Yogyakarta mewakili Penjabat Walikota yang sedang mengikuti arahan Presiden RI kepada seluruh Penjabat Kepala Daerah Se-Indonesia di Jakarta.


Gambar 1. Upacara Hari Jadi Pemerintahan Kota Yogyakarta Ke-75

Rangkaian upacara di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan kirab Tombak Kyai Wijaya Mukti dan Lambang Kota Yogyakarta yang akan diletakkan di tengah peserta upacara. Tombak Kyai Wijaya Mukti merupakan tombak pusaka pemberian Kraton Ngayogyakarta yang diserahkan oleh Sri Sultan HB X (Gubernur Provinsi DIY) pada hari jadi Kota Yogyakarta 7 Juni 2000. 
Usai kirab dilanjutkan pembacaan sejarah Pemerintah Kota Yogyakarta oleh Asisten Umum Drs. Kris Sarjono Sutejo, M.M. dan diteruskan amanat Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M


Gambar 2. Peserta OPD Dinas Kesehatan pada Upacara Hari Jadi Pemerintahan Kota Yogyakarta Ke-75

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT bisa hadir bersama di halaman balaikota setelah dua tahun tidak bisa menyelenggarakan parade seperti", Sekda mengawali amanatnya. Meneruskan amanat dari Penjabat Walikota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M. menyampaikan rasa syukur yang kedua kepada Allah SWT dan memohon supaya selalu bisa tegak memberikan pelayanan bagi masyarakat Kota Yogyakarta.

"Bulan Juni adalah bulan penting, Kota Jogja lahir sebagai daerah otonom yang lebih mandiri, mari bersama memfokuskan pikiran secara total untuk melakukan refleksi dan kontemplasi secara total supaya bisa membaca secara benar apa yang telah, sedang dan akan dilakukan pada masa yg akan datang, sehingga kita bisa tahu kekurangan kita dan bisa melakukan antisipasi untuk menghadapi tantangan dan ancaman di masa yang akan datang", tegas Sekda Kota Yogyakarta dalam arahannya.

"Membangun Kota Yogyakarta membutuhkan kerjasama dan persatuan antar unsur pemerintahan di Kota Yogyakarta dan sesuai dengan tema Semangat Berkarya Lanjutkan Pembangunan Jogja pasca pandemi semoga bisa membangun Kota Yogyakarta lebih baik dimasa datang", lanjut Sekda.

Arahan diakhiri dengan ucapan terimakasih atas peran seluruh pegawai dalam berika  ketugasan Pemerintah Kota Yogyakarta dengan harapan lebih baik pada masa yang datang.


Gambar 3. Pembacaan Do'a oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta

Upacara ditutup dengan do'a oleh Kepala Kantor Kementrian Agama RI Kota Yogyakarta Drs. Nur Abadi, MA., dan diakhiri dengan kirab untuk mengembalikan Tombak Kyai Wijaya Mukti dan Lambang Kota Yogyakarta.
(SDR)
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago