Berita

Skrining Kesehatan Calon Haji Kota Yogyakarta

Dilihat 1105 kali   17/06/2022 08:00:51 WIB

Tim Website Dinkes

Dinkes. Keberangkatan Calon Haji pada Tahun 2022 telah dipastikan oleh Kementrian Agama RI setelah tertunda karena pandemi Covid-19 sejak Tahun 2020. Melaksanakan amanat Sekjen Kemekes RI yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/3550/2022 Tentang Pelaksanaan Pemeriksaan, Pembinaan Kesehatan, Dan Pemberian Vaksinasi Bagi Jemaah Haji Tahun 2022. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta telah melaksanakan pemeriksaan skrining kesehatan bagi calon haji tahun 2022 secara simultan.
Sedangkan skrining Covid-19 dilakukan secara khusus satu hari sebelum keberangkatan dimaksudkan untuk memastikan kesehatan, kenyamanan dan keamanan calon haji sejak berangkat hingga Kembali ke Kota Yogyakarta.


Gambar 1. Pengambilan Sampel (Swab) Calon Haji di RS Pratama

Pelaksanaan skrining Covid-19 yang dikoordinasikan oleh dr. Okto Heru Santosa Kepala Seksi Pelayanan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dilaksanakan pada Rabu 15 Juni 2022 di RS Pratama, satu hari sebelum berangkatan. Sebanyak 156 calon haji dan 1 orang kepala rombongan diperiksa di RS Pratama dengan melibatkan 26 petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Hadir pada pemeriksaan skrining tersebut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Yogyakarta H. Moh. Tahrir, SE, MM, untuk melihat langsung pelaksanaan pemeriksaan skrining calon haji.

“Pemeriksaan (skrining) Covid-19 dilakukan dengan metoda RT-PCR, sampel/swab dari calon haji diambil di RS Pratama Yogyakarta oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan pemeriksaan laboratorium dilaksanakan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKL) Kementrian Kesehatan RI Yogyakarta”, terang dr. Okto saat dikonfirmasi tentang pemeriksaan tersebut.


Gambar 2. Dr. Okto Memberikan Arahan Sebelum Kegiatan Pemeriksaan Calon Haji

Calon haji Kota Yogyakarta rencana akan berangkat ke tanah suci pada Kamis, 16 Juni 2022 melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo dan akan dilepas oleh Penjabat Walikota Yogyakarta di Balaikota Yogyakarta.

Kontributor : siyanruj
Editor : esdeer
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago