Berita

Pekan Menyusui Sedunia Tahun 2022 di Balaikota

Dilihat 1475 kali   05/08/2022 23:14:19 WIB

Tim Website Dinkes

Kesgagizi. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi menyelenggarakan Kelas Ibu Menyusui bagi ibu hamil dan ibu menyusui bagi pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Pekan Menyusui Sedunia Tahun 2022 yang bertema 'Berperan lebih untuk menyusui dengan memberi dukungan dan mengedukasi ibu hamil dan ibu menyusui'.



Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM memberikan arahan (hijab hijau)

Kelas Ibu Menyusui yang berlangsung di Ruang Bima, Balaikota Yogyakarta tersebut dilaksanakan pada Jum'at, 5 Agustus 2022 dari jam 09.00 sampai selesai dengan dihadiri 27 peserta dari 16 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM memberikan arahan tentang pentingnya pemahaman ibu hamil dan ibu menyusui dalam menjaga kehamilan dan keberlangsungan pemberian ASI. Kadinkes menjelaskan bahwa pemberian ASI Eksklusif dan penyiapan proses menyusui untuk ibu yang bekerja merupakan hal penting dan untuk menjadi perhatian. Lebih lanjut drg. Emma juga menyampaikan pentingnya buku KIA sebagai media edukasi bagi ibu hamil , bersalin, ibu bayi dan balita serta diharapkan ibu hamil dapat akses ke fasilitas kesehatan puskesmas untuk memeriksakan kehamilannya dari awal kehamilan untuk memperoleh layanan ANC terpadu.


Peserta didampingi narasumber dalam kelompok kecil

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr. Riska Novriana sebagai penanggungjawab pelaksanaan kelas ibu menyusui dan ibu hamil mengharapkan kegiatan ini menjadi bagian dalam 'memerangi' stunting di Kota Yogyakarta ; "Kegiatan kelas ibu menyusui ini merupakan salah satu dari Implementasi  8000 HPK dalam mencegah stunting yang dimulai dari pemberian dukungan dan edukasi ibu hamil dan menyusui". Lebih lanjut Kasi yang punya panggilan akrab dokter Rina menjelaskan tiga tujuan dari kegiatan yang menyasar ibu hamil dan menyusi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, yakni ;
  1. Menyiapkan ibu dan keluarga untuk memberi ASI (Air susu ibu) Eksklusif 6 bulan dan dilanjutkan selama 2 tahun.
  2. Memastikan dukungan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja untuk pemberian ASI.
  3. Memastikan dukungan fasilitas kesehatan mengimplementasikan 10 LMKM (Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui)

Peserta didampingi narasumber dalam kelompok kecil

Pada kesempatan tersebut dihadirkan narasumber antara lain Fitri andyaswuri,S.Psi (Forum peduli Laktasi  Yogyakarta), Any Rochana, S.Gz (RS Pratama), Tri Murtini, A.Md.Keb  (RS Panti Rapih), Markhistun Nadhiroh, SKM, MPH dan Nurulita Septian, S.Gz (Seksi Kesga Gizi Dinkes Kota Yogyakarta). Kehadiran narasumber diharapkan dapat memberikan pemahaman, merubah mindset dan perilaku ibu hamil dan ibu menyusui dalam menjaga dan merawat kehamilan dan bayinya.


Peserta didampingi narasumber dalam kelompok kecil

Materi diberikan secara klasikal atau dalam kelas besar dan dalam kelompok kecil untuk pendalaman, setiap kelompok didampingi oleh seorang narasumber.


Peserta didampingi narasumber dalam kelompok kecil

Peserta sangat antusias dan dapat mengikuti kegiatan hingga selesai, berlangsungnya kegiatan ini diharapkan menjadi satu titik perubahan dalam rangka menyiapkan generasi yang sehat dan kuat di masa datang.

(kontributor : rina ; editor : sholtan.com)
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago