Artikel

Mencegah Penyakit Tidak Menular dengan CERDIK

10/01/2024 11:47:57 WIB

Tim Website Dinkes

oleh :

dr. Iva Kusdyarini

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa

Penyakit tidak menular atau PTM telah dikenal oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya darah tinggi atau hipertensi, kencing manis atau diabetes melitus, kanker, penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, gagal ginjal dan lainnyaBahkan masyarakat menganggap hal yang lumrah saat lansia atau bahkan usia 20-30-an sudah menderita hipertensi.

Deteksi dini faktor risiko PTM pada kegiatan Posbindu  Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta “Krishna Husada” di Kompleks Balikota Timoho Yogyakarta

Apakah penyakit tidak menular (PTM) dapat dicegah ?

Ya, bisa, penyakit tidak menular (PTM) dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risiko dan mengubah perilaku tidak sehat menjadi perilaku yang sehat. Faktor risiko ada dua macam, yakni  faktor risiko yang tidak dapat di ubah  seperti umur, jenis kelamin dan  genetik dan faktor risiko yang dapat diubah. Faktor risiko yang dapat diubah umumnya berkaitan dengan perilaku atau gaya hidup seperti pola makan yang tidak diet seimbang, kurang makan sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, kebiasaan merokok, minum inuman beralkohol dan istirahat yang kurang. Jika faktor risiko tidak dikelola dengan baik berisiko munculnya penyakit tidak menular (PTM) serta komplikasinya.

Tahun 2020 – 2023 (2-3 tahun) Indonesia berada pada masa  Pandemi Covid-19, di Kota Yogyakarta tercatat kematian pasien Covid-19 dengan komorbid dan umumnya menderita PTM seperti Diabetes melitus (terbanyak), kanker, Hipertensi, kominbinasi DM dan hipertensi dan lainnya. Memperhatikan hal tersebut pada pasien Covid-19 dengan komorbid PTM tetap diwaspadai dengan dilakukan pemantauan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.  Perlu diketahui bahwa setelah penetapan berakhirnya Pandemi Covid-19 di Indonesia pada 22 Juni 2023 dan menjadi endemi, Covid-19 menjadi penyakit menular yang perlu diwaspadai termasuk perburukannya pada penderita PTM.

Apa yang perlu dilakukan agar tidak terkena PTM ?

Agar mencegah tidak terkena PTM dapat dilakukan dengan CERDIK 

  1. Cek Kesehatan secara rutin dengan melakukan pemeriksaan kesehatan minimal satu tahun sekali di Posbindu/ Posyandu, atau di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas yang dijamin oleh Pemerintah. 
  2. Enyahkan asap rokok dapat dilakukan denga tidak merokok atau menghindari asap rokok. Kota Yogyakarta sudah memiliki Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Asap Rokok, hendaknya masyarakat mematuhi untuk kepentingan bersama. 
  3. Rajin aktivitas fisik dengan membiasakan diri bergerak aktif agar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita tidak menumpuk yang berakibat menjadi obesitas serta memicu munculnya PTM yang lain. Aktifitas fisik dapat dilakukan minimal 30 menit sehari dengan melakukan kegiatan sehari- hari seperti menyapu, mengepel, jalan- jalan pagi atau dengan olahraga yang terukur secara rutin. Kebiasaan masyarakat menggunakan gadget serta mudahnya fasilitas di Kota Yogyakarta, menjadikan masyarakat berperilaku sedentary. 
  4. Diet dengan gizi seimbang, perbanyak makan buah dan sayur, mengubah kebiasaan ngemil dengan buah segar akan menurunkan faktor risiko PTM.  Konsumsi buah dan sayur tidak harus yang mahal, manfaatkan produk lokal yang ada disekitar kita. 
  5. Istirahat yang cukup 7-9 jam sehari akan membantu memperbaiki metabolisme tubuh, sehingga ketika bangun badan menjadi lebih segar. Dan yang tidak kalah penting adalah
  6. Kelola stres, agar selalu sehat baik fisik dan mental sesuai dengan definisi kesehatan dalam Undang- Undang Republik Indonesia tentang kesehatan, yaitu keadaan sehat seseorang, baik secara fisik, jiwa, maupun sosial dan bukan sekadar terbebas dari penyakit untuk memungkinkannya hidup produktif.

Deteksi dini adalah pilihan terbaik sebelum sakit sehingga pencegahan dan intervensi pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin sebelum komplikasi berlanjut. Datang ke Puskesmas sebelum sakit adalah pilihan yang tepat. Jangan takut untuk deteksi dini, mencegah lebih baik daripada mengobati. Ayo melakukan mencegah PTM dengan CERDIK.

 

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago