Artikel

Cara Mengenali Kanker Payudara

03/02/2023 07:30:46 WIB

Tim Website Dinkes


img_20221012150940_image.png

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali, tidak termasuk kulit payudara. Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita wanita.

Infografis Apa Itu Kanker Payudara?

Bagaimana cara mendeteksi kanker payudara ?

1. Melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri. Cara ini juga bisa dilakukan saat mandi dengan menggunakan sabun. Sabun membuat permukaan payudara lebih licin, sehingga jika ada benjolan dalam payudara, akan lebih mudah untuk mengetahuinya. Pemeriksaan dilakukan dengan cara :

  1. Berdirilah di depan cermin dengan melepaskan pakaian anda
  2. Amati jika terdapat perubahan fisik pada payudara anda
  3. Angkat satu tangan ke atas dan rabalah bagian payudara dengan seksama
  4. Perhatikan dengan benar, jika anda menemukan benjolan sebaiknya lakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat
  5. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ;

Batas-batas payudara:
• Batas atas adalah jarak 1-2 jari dibawah ruas tulang selangka (clavicula).
• Batas bawah adalah garis lingkar kulit bawah payudara.
• Batas terluar adalah garis tengah ketiak ke arah bawah.
• Batas terdalam adalah garis tengah ruas dada.

Jika ditemukan kelainan-kelainan seperti tersebut di atas atau terasa adanya perubahan bila dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

2. Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis)

Sadanis adalah pemeriksaan payudara yang dilakukan oleh dokter di fasilitas pelayanan kesehatan, Sadanis segera dilakukan jika menemukan adanya hal mencurigakan saat Sadari. Pemeriksaan penunjang dilakukan untuk menentukan langkah selanjutnya. Pemerikasaan penunjang dilakukan dengan menggunakan ;

Mammogram

Metode untuk memeriksa apakah benar terdapat benjolan dalam payudara dengan menggunakan sinar X. Mammogram hanya dapat mendeteksi adanya benjolan dan tidak dapat memastikan apakah benjolan tersebut merupakan sel kanker. Untuk mengetahui apakah sel tersebut merupakan sel kanker perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ultrasound

Metode Ultrasound atau yang juga dikenal dengan USG dapat digunakan untuk mendeteksi adanya benjolan pada payudara. Jika benjolan/ kista yang ditemukan berukuran kecil, maka dapat dilakukan Fine Needle Aspiration (FNA) untuk memeriksa dan mengangkat kista tersebut.

Selanjutnya apabila ditemukan kista berukuran sedang atau besar dan padat serta berpotensi menimbulkan kanker, maka dikonsultasikan dengan dokter ahli untuk tindakan selanjutnya. Jika dengan pemeriksaan penunjang lebih lanjut dan dipastikan bahwa benjolan tersebut adalah kanker selanjutnya akan dilakukan tatalaksana pengobatan, operasi pengangkatan payudara sebagian (lumpectomy) atau pengangkatan payuda total (mastectomy).


img_20221011153304_image.png

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago