Berita

MEMPERKUAT SISTEM SURVEILANS DI RS DKT DR. SOETARTO

Dilihat 313 kali   09/06/2016 06:42:17 WIB

Tim Website Dinkes

Surveilans merupakan kegiatan yang bukan hanya terfokus pada pengumpulan data saja. Namun juga menganalisis peningkatan kasus dan kematian serta melakukan tindakan penanggulangannya. Dalam pelaksanaanya kegiatan surveilans tidak dapat hanya dilakukan oleh satu pihak, namun juga harus melibatkan berbagai pihak, salah satunya RS DKT Dr. Soetarto yang telah menjadi jejaring surveilans di Kota Yogyakarta.

            Pelaksanaan surveilans di RS perlu dilakukan penguatan, maka dari itu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengunjungi RS DKT Dr. Soetarto sebagai upaya penguatan surveilans. RS DKT Dr. Soetarto merupakan Rumah Sakigt kedelapan yang dikunjungi Dinas Kesehatan Kota  Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 14 April 2016 di aula RS. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari pihak RS DKT Dr. Soetarto.

            Kegiatan ini selain bertujuan untuk peningkatan surveilans di RS, juga untuk penyegaran terhadap materi surveilans seperti alur pelaporan bila ditemukan kasus potensi KLB, pelaporan surveilans Penyakit Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) seperti Acute Flacyd Paralysis (AFP) dan Campak. Serta dipaparkan mengenai evaluasi pelaporan mingguan W2 dan laporan bulanan STP dari RS DKT Dr. Soetarto yang masih perlu meningkatkan ketepatan dalam pengumpulan laporan. (WH, 0416)