Berita

VERIFIKASI STBM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017

Dilihat 650 kali   03/03/2017 02:58:22 WIB

Tim Website Dinkes

STBM ( Sanitasi total Berbasis Basyarakat ) adalah pendekatan dengan menggunakan metode pemicuan untuk mengubah perilaku masyarakat menuju perilaku yang higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat.

STBM memiliki 5 Pilar di dalamnya , 5 pilar itu adalah :

1. Stop BABS ( Buang Air Besar Sembarangan )

2. Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS )

3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga ( PAMM RT )

4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga ( PS RT )

5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga ( PLC RT )

Pemicuan dilakukan untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh pola pikir , perilaku , dan kebiasaan individu atau masyarakat menuju perilaku Stop buang Air Besar Sembarangan , sampai menuju perilaku sanitasi total 5 Pilar.

Verifikasi STBM dilaksanakan atas permintaan sesuai dari tingkatan komunitas yang telah melaksanakan satu pilar atau keseluruhan Pilar STBM. tercapainya pilar - pilar tersebut berdasarkan hasil dari data monitoring di tingkat Kelurahan . 

Verifikasi dilaksanakan atas dasar untuk memastikan kualitas dan kesinambungan status Pilar - pilar STBM dari Kelurahan yang sudah melaksanakan dan telah mencapai pilar tersebut.

Pada Tanggal 22, 23, dan 24 Februari 2017 , di Kota yogyakarta telah dilaksanakan Verifikasi STBM tingkat privinsi / tingkat DIY dengan wilayah yang diverifikasi terdiri dari Empat Kelurahan yaitu :

Kelurahan Karangwaru.

Kelurahan Prenggan

Kelurahan Tahunan

Kelurahan Panembahan.

dari hasil Pleno verifikasi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa di Empat Wilayah yang disebut diatas Telah melaksanakan Pilar No 1 dengan baik. yaitu Pilar Stop Buang Air Besar Sembarangan ( STOP BABS ) untuk pilar yang lain masih memerlukan pembinaan lebih lanjut dengan melibatkan Seluruh Lintas Sektor yang ada.

 

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago