Berita

LOMBA ANAK ASI SEHAT DAN ORANG TUA CERDAS

Dilihat 277 kali   16/10/2017 06:45:11 WIB

Tim Website Dinkes

Pada tanggal 12 Agustus 2017 bertempat di Puskesmas Umbulharjo II mengadakan Lomba Anak ASI Sehat dan Orang Tua Cerdas. Seleksi diselenggarakan untuk mendapatkan dua anak yang akan dikirim mengikuti lomba tingkat Kota Yogyakarta. Dari 37 Posyandu, ada 28 anak yang mengikuti lomba. Hasil seleksi memutuskan anak Aghny Amalia Ramadhani putri dari ibu Dewi Meyriza yang beralamat di Semaki Gede UH I/250 RT 10 RW 04 memperoleh nilai tertinggi dan nilai tertinggi kedua diperoleh anak Sherylla Velloce Trialvaro putri dari ibu Tri Purwaningsih yang beralamat di Balerejo UHII/527C RT 52 RW 05 Muja Muju dikirim untuk mewakili Puskesmas Umbulharjo II.

Lomba di tingkat Kota Yogyakarta diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2017 di Mainhall Balai Kota Yogyakarta. Peserta seleksi mewakili masing-masing Puskesmas di Kota Yogyakarta dengan jumlah 18 Puskesmas. Orang tua anak perwakilan Puskesmas Umbulharjo II mengantarkan anak mereka hingga acara selesai, hal tersebut menggambarkan betapa perhatian mereka kepada buah hatinya. Tidak sia-sia dukungan semangat nenek dari anak Aghny menyusul ke lokasi karena anak Aghny Amalia Ramadhani memperoleh nilai tertinggi keempat sehingga mendapatkan juara Harapan 1.

Kegiatan Lomba Anak ASI Sehat dan Orang Tua Cerdas diselenggarakan dengan tujuan memotivasi orang tua bayi agar memberikan ASI Eksklusif selama 0-6 bulan diteruskan hingga 24 bulan dengan penambahan MP-ASI dan edukasi dalam hal memperhatikan kesehatan anak serta peran aktif di masyarakat. Penilaian lomba meliputi status gizi, riwayat pemberian makan minum, pengetahuan orang tua, kesehatan umum, kesehatan gigi, imunisasi, KB Ibu, tumbuh kembang anak dan peran aktif ibu di masyarakat. Kegiatan tersebut juga mendukung adanya Pekan ASI Sedunia yang mengangkat tema global ”Suistaining Breastfeeding Together!”, dengan tema Nasional “Bekerja bersama untuk keberlangsungan pemberian ASI” dan dengan slogan “Ibu Bekerja, ASI tetap diberikani”. Secara umum PAS 2017 bertujuan mengadvokasi seluruh elemen masyarakat untuk menjalin kemitraan dan mendukung keberlangsungan pemberian ASI agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas. Selamat untuk ibu Dewi Meyriza dan anak Aghny Amalia Ramadhani, semoga bisa menginspirasi ibu-ibu menyusui untuk tetap memberikan ASI sampai dengan usia 2 tahun kepada putra-putrinya meskipun ibu bekerja maupun tidak bekerja.

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago