Berita

BUKU SI KESI GEMES 2018 CETAKAN KE-3

Dilihat 766 kali   30/01/2019 04:57:58 WIB

Tim Website Dinkes

Buku yang berjudul "SI KESI GEMES" atau Sistem Penguatan Kelurahan Siaga dalam Rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap upaya peningkatan kesehatan masyarakat secara promotif. Buku ini adalah tindak lanjut dari Peraturan Walikota Nomor 3 Tahun 2016 tentang Kelurahan Siaga.

Buku SI KESI GEMES berisi Peran Perangkat Daerah dan LSM di Kesi, Jejaring Kerja Kesi mulai dari tingkat Kota hingga Dasawisma, Petunjuk teknis pembuatan RW Siaga dan RT Siaga, Prosedur Perencanaan Kesi dan Media Promosi Kesehatan yang dituangkan dalam Keputusan Walikota Nomor 373 Tahun 2017. Selain itu, buku ini juga dilengkapi contoh kelengkapan administrasi seperti Surat Keputusan Lurah, susunan administrasi RW/ RT Siaga, berita acara pemilihan ketua RW/ RT Siaga serta berita acara penyusunan pengurus RW/ RT Siaga.

Buku ini sebagai sarana untuk Kelurahan Siaga agar menjadi lebih aktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Buku SI KESI GEMES 2018 CETAKAN KE-3 dapat diunduh di sini.

Kata Pengantar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Puji Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan YME karena atas limpahan berkah dan rahmatNya maka buku "SI KESI GEMES" dapat diterbitkan. Buku ini sebagai pedoman bagi tokoh masyarakat baik formal maupun informal yang terlibat dalam Kelurahan Siaga Kota Yogyakarta.

Buku SI KESI GEMES disusun sebagai tindak lanjut dan wujud keberlangsungan Peraturan Walikota Nomor 3 Tahun 2016 tentang Kelurahan Siaga yang merupakan bentuk fisik upaya promotif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat disegala lapisan secara mandiri.

Upaya promotif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat harus terus menerus dilakukan secara terpadu dan lintas sektor. Hal ini menunjukan bahwa kesehatan adalah faktor penting untuk mewujudkan masyarakat sehat, produktif dan memiliki daya saing dengan bangsa lain.

Kelurahan Siaga yang biasa disebut dengan KESI merupakan salah satu Lembaga Sosial Kemasyarakatan yang menjadi wadah kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Kelurahan Siaga akan berjalan dengan baik apabila didukung oleh dasawisma, RT dan RW Siaga yang ada di wilayah Kelurahan. SI KESI GEMES bisa dikatakan sebagai perwujudan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Pemerintah tahun 2017.

Dengan diterbitkannya buku SI KESI GEMES (Sistem Penguatan Kelurahan Siaga Dalam Rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) diharapkan akan mempermudah masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif dan budaya saing.

Yogyakarta, 16 Juli 2017
Kepala Dinas Kesehatan
dr. Fita Yulia Kisworini, M.Kes

SAMBUTAN WALIKOTA YOGYAKARTA PADA BUKU PINTAR "SI KESI GEMES"(Sistem Penguatan Keluarahan Siaga Dalam Rangka Penggerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Assalamu 'alaikum Wr.Wb

Dengan memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, saya menyambut baik dan mendukung Program Dinas Kesehatan untuk Sistem Penguatan Kelurahan Siaga dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan menerbitkan buku panduan bagi masyarakat diseluruh lapisan yang dikenal dengan buku "SI KESI GEMES"

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang kita kenal dengan GERMAS adalah salah satu wujud untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Di Kota Yogyakarta, Germas sangat digalakkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Kepedulian Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap kesehatan mampu mendorong percepatan terwujudnya sumber daya manusia yang optimal.

Kesehatan bukan semata menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan seluruh komponen yang membutuhkan kesehatan. Peran serta aktif perangkat daerah, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan, swasta, dunia usaha, tokoh-tokoh masyarakat hingga masyarakat itu sendiri sangat diperlukan untuk mewujudkan dan mensukseskan Program Germas.

Buku Si Kesi Gemes berisi Peran Perangkat Daerah dan LSM di Kesi, Jejaring Kerja Kesi mulai dari tingkat Kota sampai dengan Dasa Wisma, Petunjuk teknis pembuatan RW Siaga dan RT Siaga, Prosedur perencanaan Kesi dan Media promosi kesehatan yang dapat dijadikan bahan referensi kader untuk menyampaikan info kesehatan kepada masyarakat. Program “SI KESI GEMES” merupakan salah satu wujud semboyan Pemerintah Kota Yogyakarta "SEGORO AMARTO" (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta) dalam bidang kesehatan.

Saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada segala pihak atas terwujudnya buku “SI KESI GEMES” yang nantinya akan diterapkan menjadi program untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Sehat melalui pemberdayaan masyarakat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberi RidhoNya atas segala usaha kita dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Amin

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

WALIKOTA YOGYAKARTA
H. HARYADI SUYUTI

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago