Berita

Penilaian STBM Award Tahun 2020 Kota Yogyakarta

Dilihat 824 kali   04/11/2020 00:46:28 WIB

Tim Website Dinkes

Penghargaan STBM award merupakan ajang pengakuan dan bergengsi bagi daerah dalam mengklaim keberhasilan atas upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat melalui tidak ada lagi praktik buang air besar sembarangan. Penghargaan ini diberikan kepada Bupati dan Walikota yang telah berhasil ODF 100 5 (Open Defecation Free) terverifikasi serta pemberian apresiasi kepada para sanitarian dan pelaku mitra terkait lainnya sebagai ujung tombak yang telah bersama-sama melaksanakan pendampingan dalam keberhasilan ini.

Tahun 2018 menjadi tahun awal diberikannya penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Award kepada Kabupaten/ Kota yang telah mencapai 100% akses sanitasi (ODF) dan tahun 2019 ditambahkan dengan pemberian penghargaan kepada para sanitarian terbaik dari Kabupaten/ Kota ODF. Sampai dengan tahun 2019 telah tercatat 42 kabupaten/ kota mendapatkan penghargaan STBM Award. Dengan adanya STBM Award, diharapkan akan menjadi pemicu bagi daerah lainnya untuk mencapai target STBM dan melahirkan banyak inovasi untuk percepatan target SDG’s 2030 point 6.

Pada tahun 2018 Pemerintah Kota Yogyakarta pernah mendapat penghargaan STBM Award dari Kementerian Kesehatan karena telah mencapai 100% ODF.

Pada tahun 2020 ini Kementerian Kesehatan juga akan memberikan penghargaan kepada mitra terkait STBM lainnya dalam hal ini Natural Leader terbaik dan Kepala Desa dari Kabupaten/ Kota yang tahun 2018, 2019 dan 2020 yang telah 100% ODF terverifikasi. Penghargaan akan diberikan pada saat acara puncak Rakornas STBM tahun 2020 sebagai acara puncak pelaksanaan.

Pemerintah Kota Yogyakarta tahun ini juga mengajukan penghargaan STBM berkelanjutan meliputi (upaya enabling environment, upaya demand creation dan upaya suplly improvement), Natural Leader terbaik dan Lurah terbaik. Natural Leader terbaik kami mengusulkan Ibu Suratiningsih dari kelurahan Gedongkiwo Mantrijeron dan Lurah terbaik Drs. Ekwanto Lurah Prawirodirjan Gondomanan.

Mekanisme pengusulan dan penilaian dengan mengisi google form penilaian yang ditelah diberikan oleh Kementerian Kesehatan serta menyiapkan dokumen secara mandiri, selanjutnya form tersebut dikirimkan ke Dinas kesehatan DIY untuk di verifikasi dokumen.

Pengumuman penetapan penerima penghargaan akan di umumkan di bulan Oktober 2020 oleh Kementerian Kesehatan, dan semoga Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil meraih penghargaan tersebut.

Artikel oleh : Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago