Berita

Kewaspadaan Kasus Hepatitis Akut (Yang Tidak Diketahui Etiologinya) dengan SKDR

Dilihat 1435 kali   17/05/2022 04:15:26 WIB

Tim Website Dinkes

Dalam rangka Kewaspadaan Dini terhadap kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya, dilakukan peningkatan surveilans penyakit yang kemungkinan berasosiasi dengan kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR)/Early Warning and Respons System (EWARS). Sesuai dengan SE Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan Terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut Yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology), definisi operasional kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya dibedakan menjadi :
  1. Konfirmasi: Untuk saat ini belum diketahui
  2. Probabel: Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dengan AST atau ALT lebih dari 500 IU/L, berusia kurang dari 16 tahun, (sejak 1 Januari 2022).
  3. Epi-linked: Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dari segala usia yang memiliki hubungan epidemiologis dengan kasus yang dikonfirmasi sejak 1 Januari 2022.
Definisi Operasional (DO) tersebut menjadi panduan bagi Faskes (FKTP dan Rujukan) untuk menemukan kasus, baik secara aktif ataupun pasif saat pasien berkunjung ke fasilitas kesehatan.

Koordinasi dan Sosialisasi New All Record Hepatitis, Surveilans Dinkes dan Surveilans Puskesmas
Foto : Koordinasi dan Sosialisasi New All Record Hepatitis, Surveilans Dinkes dan Surveilans Puskesmas

Sindrome Jaudice Acute (Jaundis Akut)
Sindrome Jaudice Acute (Jaundis Akut)penyakit yang timbul secara mendadak (< 14>alert pada kewaspadaan tersebut. Gejala tersebut kemungkinan berkaitan dengan penyakit lain salah satunya Hepatitis Akut.
Pada Januari 2022 (Minggu Ke-1) s/d Mei (Minggu Ke-19) tahun 2022 tercatat Kasus Sindrome Jaudice Acute sebanyak 28  pasien dewasa (> 40 Tahun) di Kota Yogyakarta. Berdasarkan penelusuran dan pemeriksaan sampel dari 28 kasus Sindrome Jaudice Acute tidak berkaitan dengan Hepatitis Akut Yang Tidak Diketahui Etiologinya.
Dinas Kesehatan melalui Kelompok Substansi Surveilans PD dan SIK meningkatkan kewaspadaan pada kasus Hepatitis Akut Yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) melalui SKDR dan skrining melalui aplikasi New All Record (NAR) Hepatitis (sdr)
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago