Berita

Workshop Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB)

Dilihat 1386 kali   09/11/2022 07:04:00 WIB

Tim Website Dinkes

img_20221109141147_image.png

Senin dan Selasa, 7-8 November 2022 untuk memahami konsep pembinaan terpadu bagi Anggota TPCB diselenggarakan Workshop Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB). Workshop diikuti oleh Seluruh anggota TPCB secara bergantian pada dua hari yang berbeda. Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta diwakili oleh Sekretaris Dinas dalam kesempatan tersebut menyampaikan arahan

img_20221109140804_image.png
Isnaini Mayasari, SKM,M.Kes dari Badan Mutu Menyampaikan Materi Pembinaan

“Setiap Anggota Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) perlu memahami konsep pembinaan terpadu secara menyeluruh”, jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Trisni Winarsih, SKM saat membuka dan memberikan arahan kepada peserta. Sekdin juga mengharapkan setelah mengikuti Workshop setiap anggota tim dapat memberikan pembinaan terpadu yang baik dan memenuhi indikator pembinaan. Untuk mencapai tujuan workshop Seksi Pelayanan Kesehatan Primer  dan Tradisional sebagai pelaksana kegiatan mengundang narasumber ahli antara lain drg. Betha Candra Sari, M.P.H dan Isnaini Mayasari, SKM,M.Kes dari Badan Mutu, Sri Mukti Suhardini, SKM,M.Kes Surveior Akreditasi Puskesmas dan dr. Agung Kris (motivator).

img_20221109135231_image.png
Peserta Workshop TPCB, Narasumber dan Tim Pelaksana

Terkait indikator pembinaan terpadu puskesmas Waryono, S.Kep, S.I.P, M.Kes Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan menyampaikan, "Pembinaan terpadu memiliki beberapa indikator keberhasilan, diantaranya peningkatan jumlah Puskesmas dengan penilaian kinerja berkategori baik, tercapainya target Indeks Keluarga Sehat (IKS), peningkatan Puskesmas yang mencapai target indikator mutu, melakukan pelaporan Indikator Nasional Mutu (INM) dan Insiden Keselamatan Pasien (IKP), terakreditasi minimal utama, serta menjadi Puskesmas percontohan.

img_20221109141236_image.png

Pada akhirnya, jika setiap anggota Tim TPCB memahami pembinaan terpadu, terstruktur dan terukur dapat melakukan pendampingan dan pembinaan secara efektif dan baik sehingga terealisasi tata kelola dan pelayanan Puskesmas yang adil dan bertanggungjawab, aman, bermutu, merata dan non diskriminatif (SDR)

 

Kontributor : aan, sholtan

editor : sholtan

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago