Berita

PEMBERIAN REWARD UNTUK MOTIVASI KESEMBUHAN BAGI PENDERITA TB

Dilihat 1350 kali   27/08/2015 07:15:39 WIB

Tim Website Dinkes

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis yang sangat mudah menular ketika berada dalam paru-paru seseorang. Sejak tahun 1995 dilakukan pengobatan TBC dengan strategi DOTS (Directly Observered Treatment and Short Course) yaitu pengobatan penderita dengan jangka pendek  (6 bulan) yang diawasi oleh Pengawas Menelan Obat (PMO) di Indonesia. Dengan strategi DOTS diharapkan angka kesembuhan penderita TBC menular (TBC dengan basil tahan asam positif) dapat mencapai minimal 85 %, sehingga penularan penyakit ini dapat ditekan. Selain pencegahan dengan imunisasi dilakukan juga upaya perbaikan sanitasi rumah penderita dengan pemberian genteng kaca, dan motivasi untuk hidup bersih dan sehat kepada penderita dan keluarganya.

Belum tercapainya angka kesembuhan dan angka keberhasilan pengobatan, sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan capaian indikator tersebut, diantaranya dengan memberikan motivasi kepada pasien TB dan Pengawas Menelan Obat (PMO) berupa pemberian uang reward yang dikemas dalam acara Pemberian Motivasi penderita TB dan PMO

Pada  Bulan Mei 2015 telah dilaksanakan pemberian reward tahap I dengan jumlah 82 pasien TB sembuh dan 85 orang PMO masing-masing diberikan reward dalam bentuk uang Rp. 300.000,-  untuk pasien sembuh dan Rp. 200.000,- untuk PMO . Dengan syarat pasien TB harus berobat  dan minum obat secara teratur sampai tuntas.

Harapan setelah berhasil sembuh pasien dapat menekan/ menghindari TB Kebal Obat (MDR)  dan sebagai  motivator bagi penderita TB yang masih dalam pengobatan .

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago