Berita

Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Dilihat 1478 kali   15/08/2023 13:17:25 WIB

Tim Website Dinkes

Dalam perawatan pasien, rumah sakit dan klinik rawat inap menyelenggarakan pelayanan makan dan minum. Umumnya pelayanan makan dan minum pasien di kelola oleh instalasi gizi atau unit pelayanan gizi. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memperhatikan hygiene dan sanitasi untuk jaminan mutu dan keselamatan pasien. Jaminan hygiene sanitasi dilakukan dengan asesment laik hygiene sanitasi sarana dan pengelola pangan di rumah sakit. 

img_20230815145311_image.png
Peserta Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji Untuk Tenaga Kesehatan dari instalasi gizi rumah sakit dan klinik rawat inap menyimak materi dari narasumber

Saat dilakukan konfirmasi terkait upaya keamanan pangan pada rumah sakit dan klinik rawat inap di Kota Yogyakarta, Sub Koordinator Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuti Fidiyawati, S.Kep, MPH menjelaskann bahwa dalam rangka keamanan pangan di Kota Yogyakarta pihaknya melakukan pelatihan keamanan pangan secara berkelanjutan kepada masyarakat termasuk di rumah sakit.

“Tahun ini tepatnya pada pada 26 dan 27 Juni 2023, Dinas Kesehatan sudah melaksanakan Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji Untuk Tenaga Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan di Kota Yogyakarta dan selanjutnya akan terus dilakukan untuk masyarakat Kota Yogyakarta yang berminat”, papar Tuti Fidiyawati.

img_20221012150940_image.png

img_20230815151432_image.png
ilustrasi Kegiatan di Instalasi Gizi rumah sakit (foto : rsu karsa husada batu)

img_20230608152542_image.png

Kegiatan yang dillaksanakan di Auditorium Arjuna, Gedung Mall Pelayanan Publik lantai 3 Komplek Balaikota tersebut diikuti oleh 40 tenaga kesehatan dari rumah sakit di Kota Yogyakarta. Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya Sri Purwaningsih, S.Kep., Ns, M.Sc Pengurus PERSI DIY, Nur Wara Gunarsih, S.Tr.Kes dan Tuti Fidiyawati, S.Kep., MPH. dari Dinas Kesehatan, serta dari Balai Besar POM di Yogyakarta. Setelah mengikuti penyuluhan dan mendapatkan sertifikat Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji, nakes peserta dapat mengajukan Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi Instalasi Gizi di rumah sakit atau klinik rawat inap masing-masing.

“Kami berharap Instalasi Gizi di rumah sakit dan klinik rawat Inap di Yogyakarta dapat tersertifikasi Laik Hygiene Sanitasi sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin terjamin”, harap Tuti Fidiyawati. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta membuka seluas-luasnya bagi masyarakat Kota Yogyakarta dan penjamah makan di wilayah Kota Yogyakarta untuk mendapatkan npelatihan keamanan pangan dengan cara bmendaftarkan diri melalui tautan linktr.ee/izinkesehatankotayk. Bagi yang berminat dapat menyiapkan pas foto (formal) dengan latar polos dan foto KTP, dan pendaftaram tersebut tanpa dipungut biaya. (egga_serlik/SDR)

img_20221011153304_image.png

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago