Berita
Peningkatan Kompetensi Tenaga Kefarmasian Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
Dilihat 1451 kali 01/11/2023 15:16:33 WIB
Tim Website Dinkes
Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien (PMK No. 74/2016). Standar Pelayanan Kefarmasian adalah ‘standar’ yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian.
Pelayanan kefarmasian telah berubah dan berkembang dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Implikasi dari perubahan orientasi pelayanan tersebut, harus diikuti perubahan mindset dan perilaku pelayanan Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian sebagai pemberi pelayanan kefarmasian. Upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perubahan perilaku perlu dilakukan untuk merubah mindset, meningkatkan kompetensi dalam memberikan pelayanan kefarmasian terbaik bagi masyarakat.
Memperhatikan hal tersebut dan sebagai kelanjutan dari Pendampingan Manajemen Logistik Obat dan BMHP pada tanggal 19-20 September 2023, Dinas Kesehatan menyelenggarakan peningkatan kompetensi tenaga kefarmasian di Puskesmas pada 15 Oktober 2023.
Kegiatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kefarmasian dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, drg. Emma Rahmi Aryani, M.M didampingi Kepala Bidang SDK, Eko Rahmadi, SKM., M.P.H dan Kepala Seksi Farmasi, Alat Kesehatan dan Makanan Minuman, drg. Ambarwati Triwinahyu.
Narasumber dari Bahana Mutu Pelayanan Konsultan (BMPK) Hendry Harjanto beserta Tim secara khusus menyampaikan materi service excellent.
“Dikupas dalam paparan nara sumber bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan service excellent (pelayanan prima) kepada masyarakat dan hal ini penting bagi apoteker dan tenaga teknis kefarmasian yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat di puskesmas”, jelas apt. Dewi Setyaningrum, S.Farm, apoteker senior Dinas Kesehatan sebagai pj kegiatan.
Materi yang disampaikan terkait bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan service excellent (pelayanan prima) kepada masyarakat. Service excellent adalah pelayanan secara konsisten memenuhi kebutuhan pasien atau masyarakat dan bahkan dapat melampaui keinginan dan kebutuhan atau ekspektasi masyarakat sebagai pengguna.
Materi diberikan kepada peserta dengan metode in class dan out of class activity yang dikemas dengan games seru dan menantang dengan tujuan menciptakan Kerjasama tim yang solid dan menyenangkan. (DWinastan/shol)
-
Risiko Covid-19 di Kota Yogyakarta pada 12 - 18 Mei 2024152x tampil16/05/2024
-
Risiko Covid-19 di Kota Yogyakarta pada 5 - 11 Mei 2024106x tampil16/05/2024
-
Risiko Covid-19 di Kota Yogyakarta pada 28 April - 4 Mei 2024291x tampil03/05/2024
-
Risiko Covid-19 di Kota Yogyakarta pada 21 - 27 April 2024206x tampil24/04/2024
-
Risiko Covid-19 di Kota Yogyakarta pada 14 - 20 April 2024238x tampil18/04/2024
Last Updated 3 min ago
Last Updated 3 min ago
Last Updated 3 min ago
Last Updated 3 min ago
Last Updated 3 min ago
-
Buletin dan Tren Mingguan W2 SKDR Puskesmas dan RS Minggu Ke-19 Tahun 2024, 5 - 11 Mei 202433x tampil16/05/2024
-
Buletin COVID-19 Kota Yogyakarta Minggu ke-19, Periode 5 - 11 Mei 202441x tampil16/05/2024
-
Buletin dan Tren Mingguan W2 SKDR Puskesmas dan RS Minggu Ke-18 Tahun 2024, 28 April - 4 Mei 202444x tampil16/05/2024
-
Buletin COVID-19 Kota Yogyakarta Minggu ke-18, Periode 28 April - 4 Mei 202460x tampil16/05/2024
-
Buletin dan Tren Mingguan W2 SKDR Puskesmas dan RS Minggu Ke-17 Tahun 2024, 21 - 27 April 202474x tampil03/05/2024
- HARI INI 783
- BULAN INI 109.350
- TAHUN INI 1.221.449
- SEMINGGU TERAKHIR 32.578
- SEBULAN TERAKHIR 169.006
- SETAHUN TERAKHIR 3.522.888
- TOTAL PENGUNJUNG 6.740.998