Berita

Dinkes Kota Yogyakarta Menerbitkan Panduan Pelayanan kesehatan di Puskesmas

Dilihat 423 kali   08/11/2023 10:11:31 WIB

Tim Website Dinkes

Kepala Seksi Pelayanan Primer dan Pelayanan Tradisional dr. Riska Novriana pada Selasa, 7 Nopember 2023 menyampaikan keterangan terkait perkembangan terkini dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas setelah proses akreditasi selesai.

img_20231108101258_image.png
Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M, Kadinkes, Pimpinan PKMK FKKMK UGM dan undangan foto bersama menunjukkan Buku Pandunan

Kepada Tim Website Dinas Kesehatan, dr. Riska menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan telah menyusun Panduan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas bersama Tim PKMK FKKMK UGM.

Pada 17 Oktober telah dilaksanakan serah terima dokumen hasil penyusunan berupa Buku Panduan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Penyerahan dilakukan oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, M.Kes., MAS pimpinan PKMK FKKMK UGM mewakili Tim Penyusun kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM dengan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M.

img_20221012150940_image.png
img_20231108101612_image.png
Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M memberikan pengarahan pada seluruh peserta/undangan

Pada kesempatan tersebut Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M menegaskan bahwa dengan adanya pedoman pelayanan kesehatan puskesmas, pekerjaan rumah (PR) berikutnya bagi pemberi pelayanan adalah mempelajari Panduan Pelayanan Puskesmas supaya menjadi acuan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya warga Kota Yogya sehingga kesehatan semesta dalam diwujudkan. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan drg. Emma Rahmi Aryani, MM menyampaikan bahwa Panduan Pelayanan Puskesmas disiapkan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang menerapkan kendali mutu kendali biaya dengan mempertimbangkan keselamatan pasien serta dengan memiliki pedoman baku minimum dengan mengutamakan upaya maksimal sesuai kompetensi dan sarana prasarana, peralatan serta obat-obatan yang ada.

Acara penyerahan buku pedoman dihadiri oleh seluruh pimpinan/pejabat struktural Dinas kesehatan, Kepala UPT Puskesmas di Kota Yogyakarta dan perwakilan tenaga medis (dokter) puskesmas. Hadir pihak Tim Review dan Revisi dari PKMK FKKMK UGM drg. Emma Rahmi Aryani, MM, dr. Fitriana Murriya Ekawati, MPHC.,Sp.KKLP., Ph.D., Bayu Satria Wiratama, S.Ked, MPH, Ph.D dan lainnya.

Dalam keterangannya dr. Riska Novriana mengharapkan Buku Panduan Pelayanan Kesehatan yang telah disusun diharapkan dapat menjadi dasar dan pedoman khususnya bagi dokter di puskesmas dalam pemberian pelayanan dan pengobatan bagi pasien di puskesmas.

img_20221011153304_image.png
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago