Artikel

Tips Berhenti Merokok

10/01/2024 08:39:16 WIB

Tim Website Dinkes

Baca : Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Berhenti merokok sejak dini mengurangi separuh risiko penyakit paru obstruktif kronis/chronic obstructive pulmonary disease (COPD) pada orang dewasa dengan risiko genetik tinggi.

Ilustrasi (photo : painscale.com)

Bagi perokok, berhenti merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan kesehatan yang lebih baik. Memang hal tersebut tidak mudah dilakukan, karen faktanya, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang paling sulit untuk dihilangkan. 

Berikut daftar tip yang bisa dialakukan bagi perokok untuk berhenti merokok, Memulai sisa hidup sebagai bukan perokok.

1. Pilih Hari pertama tidak merokok

Pilih hari yang tidak terlalu lama lagi untuk menjadi ‘hari berhenti merokok’. Putuskan akan mulai berhenti merokok pada hari kerja atau akhir pekan. Pastikan tidak berbenturan dengan acara sosial atau saat-saat yang membuat tergoda untuk merokok.

2. Sampaikan rencana pada orang-orang dekat sehari sebelumnya

Beri tahu orang-orang bahwa besok adalah hari berhenti merokok. Kebanyakan orang akan mendukung keputusan (bahkan perokok lainnya) dan akan membantu untuk melewati beberapa hari pertama.

3. Persiapan pada malam sebelum sebelum berhenti merokok

Malam sebelum hari berhenti, isap rokok terakhir dan potong sisa rokok dan buang. Jika memiliki tembakau yang disimpan, rendam dalam air lalu buang. Singkirkan atau buang asbak, kertas rokok, korek api dan segera pergi tidur.

Ilustrasi (photo : Healtline.com)

Baca : Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

 

4. Mulai tidak merokok di hari pertama

Kuatkan tekad mulai tidak merokok dan minta diingatkan oleh orang-orang terdekat jika muncul godaan merokok

5. Minggu pertama

Hindari pemicu merokok seperti kebiasaan nongkrong bareng sepulang kerja bersama rekan. Gunakan waktu untuk melakukan hal lain—menelepon teman, membalas atau mengirim pesan teman, membaca satu bab buku, memeriksa sosial media, atau apa saja untuk mengalihkan pikiran dari merokok. Selanjutnya untuk mengalihkan dapat mengunyah permen karet, menyikat gigi, atau berjalan-jalan setelah makan.

6. Olah raga atau Latihan fisik

Aktifitas ini akan berfungsi sebagai pengalih perhatian dan memberi tubuh kesepakatan dua-untuk-satu dalam memperoleh manfaat kesehatan ; badan bugar dan tidak merokok.

Olah raga atau aktifitas bersama untuk mengeratkan anggota keluarga dan menghindari aktifitas yang tidak baik bagi kesehatan seperti merokok (ft. : sahabatpenakita.id)

7. Camilan Sehat

Saat berhenti merokok mungkin akan makan lebih banyak, karena kebiasaan tangan ke mulut hampir sama sulitnya untuk dihentikan seperti kecanduan nikotin. Untuk hal tersebut jangan mengemil makanan tidak sehat yang akan membuat berat badan bertambah, pilih camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, serta minum banyak air.

8. Kumpulkan uang yang biasanya buat membeli rokok.

Masukkan uang yang akan digunakan untuk membeli rokok ke dalam toples. Apresiasi diri, atas pengumpulan uang yang banyak dalam waktu singkat dari ‘uang rokok’ sampaikan pada anggota keluarga dan rencanakan membeli sesuatu yang bermanfaat.

Catatan ; Beberapa minggu pertama akan terasa berat, usahakan untuk tetap sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk berpikir tentang merokok. Melakukan kegiatan yang bukan dari rutinitas normal. Bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok, habiskan waktu di lingkungan yang tidak boleh merokok/dilarang merokok meskipun menginginkan untuk merokok.

Baca : Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

9. Coba lagi, jika gagal

Suatu waktu mungkin merasa akan menyerah dan akhirnya mencuri satu atau dua batang rokok teman, atau mungkin merokok satu batang rokok. Jangan putus asa, ini hanya kemunduran kecil. Ingatkan diri  sendiri mengapa ingin berhenti merokok dan tetapkan lanjutkan rencana tersebut.

10. Meminta bantuan

Jika benar-benar mengalami kesulitan menghentikan kebiasaan merokok,  konsultasikan kepada dokter tentang teknis atau jika perlu pengobatan yang dapat membantu berhenti merokok. Jika memungkinkan pertimbangkan pengobatan pelengkap seperti akupunktur dan hipnosis.

shol.

referensi : 10 tips to help you quit smoking based on information from WebMD, the American Lung Association and the American Cancer Society, copdnewstoday.com

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago