Berita

Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Dilihat 2370 kali   09/01/2024 15:15:21 WIB

Tim Website Dinkes

Baca : Tips Berhenti Merokok

Gencarnya promosi bahaya merokok yang menyebabkan penyakit kanker telah diketahui bahkan oleh perokok, karena peringatan tersebut juga disebutkan dalam poduk rokok yang digunakan.  Namun karena ketergantungannya menjadikan enggan untuk berhenti merokok.

img_20240109153725_image.png
ilustrasi : Merokok berdampak pada kesehatan anak (ft : klikdokter.com)

Menumbuhkan kesadaran dampak buruk bagi kesehatan pada orang-orang di sekitarnya atau perokok pasif, diantaranya ; kanker, penyakit paru-paru kronis, hipertensi, stroke dan serangan jantung, gangguan pada mata, salah satunya seperti katarak, kanker leher rahim dan keguguran pada wanita dan lainnya perlu dibangun. Ditambah jika di dalam rumah ada balita dan wanita hamil. Perlu menciptakan rumah bebas asap rokok dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar keluarga yang sehat dan bebas dari asap rokok dapat segera terwujud

Berhenti dari kecanduan merokok adalah hal penting yang harus dilakukan oleh perokok agar mampu memperbaiki kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup dirinya dan orang di sekitarnya.

img_20221012150940_image.png
img_20240109154108_image.png
Kawasan Tanpa Rokok di Malioboro : dibuatnya area merokok untuk mengurangi paparan bagi pengunjung (perokok) pasif (ft : detik.com)

Baca : Tips Berhenti Merokok

“Meski tidak mudah, namun berhenti merokok merupakan hal yang harus dilakukan karena mengingat rokok merupakan faktor risiko utama dari banyak Penyakit Tidak Menular (PTM) termasuk bagi perokok pasif”, jelas dr. Iva Kusdyarini, Kepala Seksi PTM dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

drg. Arumi Wulansari, MPH., Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta secara khusus mengingatkan bagi perokok di dalam rumah ; “Jangan biarkan orang di sekitar perokok aktif terkena dampak rokok dan menderita penyakit tidak menular karena menghisap asap rokok dan tidak bisa menghindarinya. Stop merokok dalam rumah yang ada balita dan ibu hamil”.

Tanpa rokok mengurangi terjadinya penyakit tidak menular (PTM). (shol)

img_20221011153304_image.png
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago