Berita

BERITA

Tes Kebugaran : Bekerja Dinamis dengan Kondisi Bugar

23-Jun-2022

Tim Website Dinkes


Kondisi bugar bagi pegawai merupakan unsur penunjang untuk melaksanakan tugas kedinasan lebih dinamis. Bagi pegawai yang bersangkutan bugar menjadi indikator kesehatan dan sebagai selfcontrol untuk menjaga dan memperhatikan kondisi tubuhnya.


Gambar 1. Senam Peregangan Peserta Kelompok Pertama Sebelum Tes Kebugaran

Dalam rangka menjaga kebugaran pegawai Kelompok Substansi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga melakukann pengukuran kebugaran pegawai di lingkungan Kantor Dinas Kesehatan. Kegiatan pada 17 Juni 2022 tersebut dilaksanakan di Lapangan halaman depan Kantor Walikota Yogyakarta.


Gambar 2. Persiapan Lari 1600 meter

Hadir sebanyak 76 orang peserta, terdiri dari 43 pegawai perempuan dan 33 orang pegawai laki-laki. Pegawai, perwakilan dari  seluruh unsur internal Dinas Kesehatan baik Sekretariat Dinkes, Bidang SDMK, Bidang P2PPD dan SIK, Bidang Pelayanan Kesehatan dan Bidang Kesmas mengikuti kegiatan yang ditutup pada jam 10.00 pagi tersebut  .


Gambar 3. Peserta Mengelilingi Lapangan 6,5 kali (1600 meter)

“Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui kondisi kebugaran pegawai, setelah itu pegawai bisa melakukan tindak lanjut sesuai dengan rekomendasi tim medis jika status kebugarannya sudah diketahu”, jelas Nur Wara Gunarsih, S.Tr.Kes penanggungjawab kegiatan.


Gambar 4. Nur Wara Gunarsih, S.Tr.Kes, Sub Koordinator Kelompok Substansi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga

“Pada tahap selanjutnya setelah pegawai melakukan tindaklanjut dan mencapai kondisi bugar, mereka bisa bekerja lebih dinamis dan optimal”, harap Wara.
Drg. Arumi sebagai coordinator Tim Tes Kebugaran menjelaskan ; “Tes Kebugaran diawali dengan senam peregangan untuk mempersiapkan fisik peserta sebelum melakukan aktifitas lari sepanjang 1600 meter sebagai materi utama tes kebugaran tersebut”.


Gambar 5. Peserta Menyelesaikan Lari Keliling Lapangan Depan Balaikota 6,5 kali (1600 meter)

Dari 76 pegawai yang dilakukan tes kebugaran 23 orang pegawai dalam kondisi bugar, 42 cukup dan 11 dalam kondisi kurang bugar, diharap pegawai yang kurang bugar konsisten dalam melakukan tindaklanjut sesuai arahan Tim Medis tambah bu Wara menjelaskan hasil tes Kebugaran bagi Pegawai Dinas Kesehatan tersebut.

Kontributor : wara_kesling
editor : sholtan

Statistik Kunjungan
  • HARI INI 2.887
  • BULAN INI 48.303
  • TAHUN INI 444.432
  • SEMINGGU TERAKHIR 38.106
  • SEBULAN TERAKHIR 132.948
  • SETAHUN TERAKHIR 565.231
  • TOTAL PENGUNJUNG 1.017.115