Berita

Peningkatan Kapasitas Dan Penyusunan Microplanning Introduksi PCV

Dilihat 6013 kali   07/07/2022 09:14:00 WIB

Tim Website Dinkes

Kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Penyusunan Microplanning Introduksi PCV Tingkat Kabupaten/Kota dan Puskesmas diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan DIY pada hari Senin dan Selasa tanggal 4-5 Juli 2022.

Gambar 1. Peserta dari Programer Puskesmas

Acara dibuka oleh drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan DIY.
"Indonesia adalah satu dari 10 negara dengan jumlah kematian balita tertinggi pada tahun 2015 yang disebabkan oleh Pneumonia", papar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi menjelaskan pada sambutannya. Berdasarkan hasil Riskesdas terdapat peningkatan prevalensi pneumonia dari 1,6% pada tahun 2013 menjadi 2% pada tahun 2018. Bakteri penyebab utama Pneumonia adalah Pneumokokus, yang dapat dicegah dengan vaksin Pneumokokus. 

Materi pertama disampaikan oleh dr. Mei Neni Sitaresmi, Ph.D, Sp.A (K) mengenai Keamanan Vaksin PCV, Surveilans KIPI dan Suntikan Ganda. Vaksin PCV atau pneumococcal conjugate vaccine adalah vaksin yang mengandung bagian dari bakteri pneumokokus. Vaksin Polysaccharide-Conjugated (PCV) merupakan vaksin inaktif yang bersifat sensitif beku dan disimpan dalam suhu 2-8o C. Vaksin ini aman diberikan pada anak dengan immunocompromise.

Gambar 2. Peserta dari Lintas Seksi dan Lintas Program Dinkes Kota Yogyakarta

Materi selanjutnya disampaikan oleh Tim Direktorat Pengelolaan Imunisasi Ditjen P2P Kementrian Kesehatan tentang Kebijakan Pelaksanaan Introduksi Imunisasi PCV. Kegiatan imunisasi PCV akan dilaksanakan mulai 1 September 2022 dengan sasaran bayi kelahiran mulai 1 Juli 2022 serentak di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dengan target cakupan 90% pada tahun 2022.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan Penyusunan Mikroplanning Pelaksanaan Imunisasi PCV. Microplanning disusun bersama pengelola program imunisasi beserta pengelola program lain yang terkait, terintegrasi dengan manajemen puskesmas. Pada kegiatan microplanning telah dilakukan pemetaan dan perencanaan yang bertujuan untuk  mengetahui jumlah sasaran, jumlah tenaga pelayanan imunisasi dan kader, menghitung kebutuhan vaksin dan logistik dan rencana advokasi serta sosialisasi kepada masyarakat.

kontributor : magista
editor : shol
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago