Berita

Selamat Hari Jadi, Saka Bhakti Husada (SBH) Ke 37

Dilihat 1692 kali   25/07/2022 03:14:19 WIB

Tim Website Dinkes

Sabtu, 17 Juli 2022 bagi Saka Bhakti Husada (SBH) merupakan hari istimewa, karena tepat 37 tahun lalu pada 17 Juli 1985 Saka Bhakti Husada (SBH) ‘dilahirkan’. Kelahiran yang dibidani oleh Kementrian Kesehatan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Praja Muda Karana (Kwarnas Pramuka)  menjadikan “Saka Bakti Husada” menjadi salah satu dari saka lainnya yang telah ada di Gerakan Pramuka Indonesia.


Gambar 1. Suasana Peringaatan HUT SBH dengan Pemotongan Tumpeng dan Outbond 

Selanjutnya secara berjenjang dibentuk Saka Bakti Husada Provinsi dengan pembina Dinas Kesehatan Provinsi dan Saka Bakti Husada Kabupaten/Kota dengan pembina Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Saka Bhakti Husada (SBH) merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
Pada Peringatan HUT Ke-37, Saka Bhakti Husada (SBH) Kota Yogyakarta melakukan kegiatan Outbond dan Pemotongan Tumpeng yang dihadiri oleh unsur Pinsaka, Pamong, Instruktur, Dewan Saka dan Anggota SBH Kota Yogyakarta.


Gambar 2. Pemotongan Tumpeng oleh Pinsaka SBH drg. Arumi Wulansari, MPH.

Tema Nasional HUT SBH ke 37 “Saka Bakti Husada; Mengabdi tanpa batas. Membangun Kesehatan Bangsa” bagi SBH Kota Yogyakarta merupakan penegasan peran yang telah dilakukan selama ini. Selama pandemi SBH banyak terlibat dalam kegiatan edukasi, keliling wilayah Kota Yogyakarta dan mereka terjun langsung ke tempat umum atau titik lokasi bertemunya masyarakat secara masalseperti pasar melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan kepada masyarakat, pedagang dan lainnya.
SBH juga menjadi relawan dalam kegiatan Vaksinasi Massal, aktif bertugas sebagai bagian dari tim kesehatan Dinkes di Posko Pengamanan Kegiatan Nataru dan Posko Pengamanan Kegiatan Hari Raya Idul Fitri/Lebaran.


Gambar 3. Pinsaka SBH drg. Arumi Wulansari, MPH. menyerahkan Nasi Tumpeng sebagai Simbol Kebersamaan dalam Beraktifitas

drg. Arumi Wulansari, MPH., Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta selaku Pinsaka Saka Bakti Husada (SBH)  menyampaikan : “Dengan Peringatan HUT SBH ke-37 ini, SBH Kota Yogyakarta dapat terus berkembang dan dapat menjadi tempat berekspresi bagi para generasi muda untuk memberikan darma bakti terbaik dalam mendukung pembangunan kesehatan di Kota Yogyakarta”
” Berkarya Tanpa Batas Membangun Kesehatan Bangsa dari Kota Yogyakarta”, tegas drg Arumi.

(kontributor : arumi ; editor : sholtan.com)
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago