Berita

Penyuluhan Keamanan Pangan-Siap Saji bagi Penjamah Makanan

Dilihat 2302 kali   28/07/2022 03:14:19 WIB

Tim Website Dinkes

Serlik - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Kelompok Substansi Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji pada 26 dan 27 Juli 2022. Kegiatan yang diikuti oleh 50 penjamah makan penyelenggara jasa boga di Kota Yogyakarta tersebut dilaksanakan di ruang Nitik Rengganis Dinas pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta.


Gambar 1. Dr. Dyah Suryani, S.Si., M.Kes.menjelaskan Keamanan dan Higiene Sanitasi Pangan

Para penjamah makanan mendapatkan materi informasi dan edukasi terkait dengan keamanan dan higiene sanitasi pangan. Materi disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dalam keamanan panang dan higiene sanitasi pengelolaan pangan ; Tuti Fidiyawati, S.Kep., MPH Sub Koordinator Kelompok Substansi Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan dan Dr. Dyah Suryani, S.Si., M.Kes., Kaprodi Gizi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.


Gambar 2. Tuti Fidiyawati, S.Kep., MPH Sub Koordinator Kelompok Substansi Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan menjelaskan Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi 

Narasumber menekankan kepada penjamah makanan untuk selalu menjaga keamanan pangan dengan menerapkan prinsip higiene sanitasi. "Lima kunci Keamanan Pangan yakni menjaga kebersihan, pisahkan pangan mentah dan matang, masak seksama, simpan pangan pada suhu aman, terakhir gunakan air dan bahan baku yang aman wajib dilaksanakan", Dr. Dyah menjelaskan. Selain itu, narasumber juga menginformasikan mengenai tata cara pengajuan Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi melalui OSS.
Tuti Fidiyawati, S.Kep., MPH, Sub Koordinator Kelompok Substansi Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan menjelaskan. "Setelah mengikuti penyuluhan ini, peserta akan mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji yang merupakan salah satu syarat untuk mengajukan Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi bagi Restoran, Jasa Boga, dan Tempat Pengolahan Makanan Tertentu".


Gambar 3. Salah Satu Peserta Menyampaikan Permasalahan Terkait dengan Keamanan Pangan dan Higiene Sanitasi 

"Selanjutnya disampaikan kepada masyarakat Kota Yogyakarta yang berminat mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji ini dapat mendaftarkan diri melalui tautan linktr.ee/pirt.laiksehat.yk hanya dengan menyiapkan foto formal dengan latar polos dan foto KTP, tanpa dipungut biaya". jelas mbak Tuti panggilan akrabnya.

(kontributor : ega ; editor : sholtan.com)