Berita

Update Knowledge Pelayanan Kesehatan Rujukan di Kota Yogyakarta

Dilihat 1698 kali   29/10/2022 23:12:52 WIB

Tim Website Dinkes

Di Wilayah Kota Yogyakarta ada sebanyak 19 rumah sakit atau 24% dari seluruh rumah sakit yang berada di Provinsi DIY.  Enam rumah sakit masuk dalam kategori Kelas B terdiri dari 4 rumah sakit umum yakni RSUD Kota Yogyakarta, RS Bethesda, RS PKU Muhammadiyah, RS Panti Rapih dan 2 rumah sakit khusus yaitu RS Mata  dr. Yap dan RSGM UMY yang memberikan pelayanan kesehatan rujukan pasien dari rumah sakit di Kota Yogyakarta dan luar Kota Yogyakarta. Lainnya rumah sakit Kelas C dan D untuk rujukan pelayanan dasar di Kota Yogyakarta.

img_20221030061645_image.png
dr Stephani Maria Nainggolan (PERSI DIY) Menyampaikan Materi Update Knowledge

Rumah sakit di Kota Yogyakarta, sebagaimana rumah sakit di Indonesia terikat dengan kewajiban untuk (1) meningkatkan mutu pelayanan, (2) menjaga dan meningkatkan keselamatan pasien, (3) memberikan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia dan (4) mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. Upaya tersebut secara periodik dinilai melalui kegiatan akreditasi. 

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta sebagai regulator kebijakan pelayanan kesehatan rujukan berkewajiban membina seluruh rumah sakit untuk melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai empat hal tersebut.

img_20221030062041_image.png
Peserta dari Manajemen 19 Rumah Sakit di Kota Yogyakarta

“Dinas Kesehatan Yogyakarta melaksanakan pembinaan seluruh rumah sakit secara rutin dan periodik baik secara langsung dan update knowledge bagi manajemen rumah sakit dalam penyelengaraan pelayanan kesehatan rujukan”, jelas dr. Okto Heru S, Kepala Seksi Pelayanan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam keterangannya terkait dengan kegiatan Workshop Pelayanan Kesehatan Rujukan RS Kota Yogyakarta.

Seksi Pelayanan Rujukan Dinas Kesehatan melaksanakan Workshop Pelayanan Kesehatan Rujukan RS Kota Yogyakarta pada 25-26 Oktober 2022 yang merupakan kelanjutan dari rangkaian pembinaan rumah sakit sebelumya.  Diundang dalam kegiatan workshop Direktur, Wadir Pelayanan Medis dan Ketua Komite Mutu  dari 19 rumah sakit di Kota Yogyakarta. Dihadirkan narasumber dr Stephani Maria Nainggolan dari PERSI DIY, dr. Eko Purboyo dari BPJS Kesehatan Cabang Kota Yogyakarta  dan  dr. Fitri dari Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

img_20221030061922_image.png
Peserta Workshop Pelayanan Rujukan di Kota Yogyakarta

“Dengan workshop ini diharapkan manajemen rumah sakit mendapatkan update knowledge dalam menjaga mutu layanan kesehatan rujukan, stratifikasi dan kredensialing untuk sumberdaya manusia atau SDM di rumah sakit” harap dr Okto usai melaksanakan kegiatan workshop (SDR).

kontributor : okto, shol, tim_yanruj

editor : sholtan.com

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago