Berita

Membangun Pemahaman Pembinaan Terpadu Puskesmas bagi Anggota TPCB Kota Yogyakarta

Dilihat 2101 kali   09/11/2022 01:57:26 WIB

Tim Website Dinkes

img_20221109141147_image.png

Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 - 2024, pelayanan kesehatan dasar menjadi perhatian penting dalam mewujudkan ‘universal health coverage’ di Indonesia. Universal health coverage ditandai dengan kemudahan setiap warga untuk memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

img_20221109134430_image.png
 Sri Mukti Suhardini, SKM,M.Kes Surveior Akreditasi Puskesmas, Menyampaikan Materi

RPJMD 2020-2024 yang memuat arah dan staregi pembangunan bidang kesehatan didasarkan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yang mengamanatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Indonesia harus dilaksanakan secara bertanggungjawab, aman, bermutu, merata dan non diskriminatif (Pasal 54 ayat 1).  

Implikasi dari kebijakan tersebut mengharuskan fasilitas kesehatan untuk  meningkatnya ketersediaan, mutu dan jaminan keselamatan pada fasilitas pelayanannya termasuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Melalui akreditasi, kesiapan dan kelayakan puskesmas dalam jaminan mutu (quality insurance) manajemen atau tata kelola organisasi dan pelayanan diukur dan dinilai secara periodik sesuai amanat peraturan perundangan.

img_20221109141356_image.png

Pada sisi lain, Dinas Kesehatan berkewajiban memberikan pembinaan dan pengawasan kepada puskesmas dalam melakukan tata kelola dan pelayanan kesehatan. Peran penting dan strategis tersebut, di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta telah diwujudkan dengan melakukan pembinaan secara oleh semua unsur program di Dinas Kesehatan dalam wadah Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB). Secara teknis pembinaan bertujuan untuk perbaikan tata kelola institusi dan pelayanan dalam hal perencanaan (P1), penggerakan dan pelaksanaan (P2) dan pengawasan, pengendalian dan penilaian (P3) kinerja Puskesmas sebagai pemberi pelayanan publik. 

img_20221109134535_image.png
dr. Agung Kris Memberikan Motivasi Kepada Tim TPCB Kota Yogyakarta

Terkait pembinaan yang baik, terpadu dan terstruktur bagi puskesmas oleh Tim, drg. Aan Iswanti, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Komplementer pengelola TPCB memandang perlu dibentuk mindset yang sama bagi seluruh anggota  tim sehingga akan memberikan pembinaan, pengawasan yang sama bagi puskesmas dan tercapai indikator keberhasilan pembinaan. 

"Untuk dapat memberikan pembinaan terpadu kepada Puskesmas, Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) perlu memahami konsep pembinaan terpadu secara menyeluruh. Oleh karena itu, perlu diadakan Workshop Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB)” jelas dr. Aan. (SDR)

 

koresponden : aan, sholtan
editor : sholtan.com

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago