Berita

Ibu Hamil Sehat dan Bahagia di Kota Yogyakarta

Dilihat 1829 kali   23/12/2022 01:35:45 WIB

Tim Website Dinkes

Menjadikan ibu hamil sehat, memiliki pengetahuan cukup dan memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan selama kehamilan, merupakan salah satu upaya pencegahan kematian ibu (AKI) dan stunting sejak sebelum kelahiran. Aktifitas yang selanjutnya dikemas dalam Gerakan Ibu Hamil Sehat tersebut dilakukan secara serentak dan simultan dengan dukungan dari semua pihak dan serta seluruh masyarakat, khususnya ibu hamil.

img_20221223083811_image.png
PJ Walikota Yogyakarta Sumadi SH, MH, Kepala Dinas Kesehatan bersama perwakilan lintas sektor, TNI, POLRI, Akademisi, Organisasi Profesi dan lainnya mendeklarasikan Ibu Hamil Sehat Dan Bahagia

Kota Yogyakarta melalui OPD Dinas Kesehatan secara khusus dalam rangka sukses Gerakan Ibu Hamil Sehat menyelenggarakan pekan Ibu Hamil Sehat. Salah satu momentum penting dalam Pekan Ibu Hamil Sehat ini, dilakukan penggalangan komitmen dan dukungan Gerakan Bumil Sehat Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Lintas Sektoral; OPD terkait, TNI, POLRI, swasta, PKK Kota Yogyakarta, organisasi profesi (OP), organisasi masyarakat (ormas) dan perwakilan masyarakat. 

Komitmen dan dukungan tersebut dinyatakan dengan Deklarasi Ibu Hamil Sehat Dan Bahagia pada 22 Desember 2022 bertepatan dengan Hari Ibu di ruang Yudhistira Pemerintah Kota Yogyakarta. Deklarasi dilaksanakan secara luring oleh 30 orang perwakilan dari berbagai pihak dan 188 orang secara daring (online).

img_20221223084455_image.png
PJ Walikota Yogyakarta Sumadi SH, MH memberikan arahan dan penguatan komitmen bersama mendukunng Gerakan Ibu Hamil Sehat dan Bahagia

Hadir dalam Deklarasi secara luring PJ Walikota, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DP3AP2KB, Kepala Bagian Kesra, Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Kepala Kantor Kemenag, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua Persagi, Kepala Seksi Yanprimtradkom Dinkes, Kepala Puskesmas (UH2, GK1, PA) Staff Tapem, Staff Diskominfo, Staff Kesga Gizi, perwakilan ibu hamil (UH2, GK1, PA), utusan TNI dan Polri.

img_20221223084801_image.png
PJ Walikota Yogyakarta Sumadi SH, MH, menandatangai Deklarasi Ibu Hamil Sehat Dan Bahagia

Sebelum deklarasi Kepala Dinas Kesehatan drg Emma Rahmi Aryani, MM menyampaikan laporan pekan gerakan ibu hamil sehat. Sambutan dan arahan PJ Walikota Sumadi SH, MH disampaikan setelah deklarasi. Pj Walikota menyampaikan bahwa untuk menjaga kesehatan ibu hamil butuh kolaborasi dan komitmen bersama, sebagai upaya menyiapkan anak-anak dari Yogyakarta menjadi pemimpin masa depan, tidak hanya di Daerah Istimewa Yogyakarta tapi di Indonesia.

Sesi terakhir pemberian edukasi Ibu Hamil Sehat oleh dr. Agustina Tyas, SpOG dari RS Pratama yang menekankan pentingnya pemeriksaan rutin kehamilan dan asupan yang sesuai bagi ibu hamil.

img_20221223085528_image.png
Edukasi  Ibu Hamil Sehat oleh dr. Agustina Tyas, SpOG dan diskusi interaktif dengan peserta daring (luring)

Komitmen untuk mendukung ibu hamil lebih sehat yang menjadi pegangan semua pihak dalam memberikan dukungan, fasilitasi, pengingatan sesuai jalurnya dituangkan dalam 4 poin diantaranya : 

  1. Periksa kehamilan minimal 6 kali selama kehamilan, yaitu 1 kali dalam trimester pertama, 2 kali dalam trimester kedua, 3 kali dalam trimester ketiga
  2. Minum  tablet tambah darah setiap hari pada masa kehamilan 
  3. Mengikuti Kelas Ibu Hamil 4 kali selama hamil
  4. Melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan
img_20221223085016_image.png
Lembar Deklarasi Ibu Hamil Sehat dan Bahagia

 

Sehat dan bahagia ibu hamil di Kota Yogyakarta melahirkan generasi sehat dan tangguh, tidak ada kematian ibu dan (zero) kasus staunting, harap dr. Riska Novriana selaku penanggungjawab Pekan Ibu hamil di Kota Yogyakarta. (SDR)

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago