Berita

World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation Menilik Implementasi DPPM di Kota Yogyakarta

Dilihat 222 kali   13/03/2024 22:31:27 WIB

Tim Website Dinkes

Selasa, 7 Maret 2024 Dinas kesehatan Kota Yogyakarta mendapat kunjungan Tim dari World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat implementasi District Public- Private Mix (DPPM) yang laksanakan di Puskesmas Tegalrejo dan Klinik Firdaus.

img_20240313223235_image.png
Akhir kunjungan Tim World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation di Puskesmas Tegalrejo

Public Private Mix (PPM) adalah salah satu upaya meningkatkan akses layanan TBC yang bermutu dengan melibatkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) baik pemerintah maupun swasta dalam penanggulangan tuberkulosis (TBC). Konsep PPM diterapkan dengan basis kabupaten/kota dan dikenal dengan District-based Public-Private Mix (DPPM). Implementasi DPPM di Kota Yogyakarta diharapkan dapat meningkatkan penemuan kasus TBC dan angka keberhasilan pengobatan TBC sesuai standar dan tercatat dalam sistem informasi nasional.

Upaya ini merupakan bagian dari pelaksanaan Perpres RI Nomor 67 tahun 2021 yang mengatur upaya peningkatan akses layanan TBC yang bermutu dengan melibatkan lintas program dan sektor.

Sebagaimana diketahui bahwa diperkirakan sebanyak 1.060.000 kasus TBC di Indonesia (Global TB Report, 2022) dan kunjunganTuberkulosis (TBC) masih menjadi masalah besar di Indonesia.

img_20221012150940_image.png
img_20240313223415_image.png
Kunjungan Tim World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation di Puskesmas Tegalrejo

Pada sisi lain dalam pelaksanaan peningkatan akses layanan TBC Pemerintah Indonesia mendapat dukungan dari Word Bank berupa Pinjaman Program for Result (PforR) Tuberkulosis (TBC). Program for Result (PforR) Tuberkulosis (TBC) merupakan instrumen pembiayaan yang menghubungkan antara pemberian dana dengan hasil pencapaian program TBC. PforR TBC berfokus kepada penguatan program TBC di 3 (tiga) result area (RA) yaitu ;

  1. Penguatan program TBC tingkat provinsi dan kabupaten/kota, 
  2. Penguatan pelibatan fasilitas pelayanan kesehatan swasta, 
  3. Penguatan dan digitalisasi sistem informasi TBC.
img_20231102135732_image.png
img_20240313223506_image.png
Kunjungan Tim World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation di Klinik Firdaus

dr. Endang Sri Rahayu Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan yang mendampingi Tim dari 3 Lembaga donor tersebut menjelaskan ada 3 tujuan yang akan digali dalam kegiatan kunjungan lapangan tersebut ; 

  1. Memantau implementasi program TBC di fasyankes Kota Yogyakarta, termasuk akses laboratorium, logistik, SDM, dan sistem informasi dalam layanan TBC khususnya di FKTP dalam kerangka DPPM 
  2. Memantau pengaturan jejaring TCM, dan mikroskopis untuk faskes di Kota Yogyakarta 
  3. Mendiskusikan tantangan dalam program TBC di Kota Yogyakarta dan layanan TBC difaskes khususnya FKTP.

Ikut hadir membersamai Tim World Bank, Global Fund, Dan Gates Foundation perwakilan Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan pemerintah Kota Yogyakarta dari unsur Dinas Kesehatan diwakili Dr. Endang Sri Rahayu Kasi P2P PM Imunisasi, Setyogati Candra Dewi, SKM programmer TB Dinkes Kota Yogyakarta, Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha Puskesmas Tegalrejo. (p2pm imunisasi/Ira/shol)

img_20221011153304_image.png
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago