Berita

Mengasah Kemampuan Dokter dan Bidan Puskesmas dalam Deteksi Dini Kanker

Dilihat 444 kali   14/03/2024 11:30:30 WIB

Tim Website Dinkes

Baca : Mengenal Singkat Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks

Meningkatnya kasus kanker, khususnya kanker leher rahim dan payudara menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Upaya preventif menjadi pilihan dalam pencegahan munculnya kasus kanker. Deteksi dan tatalaksana kasus sejak dini sebelum kanker berkembang dan terjadi perburukan kondisi diharapkan dapat dilaksanakan di puskesmas.

img_20240315095855_image.png
Peserta pelatihan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara bagi dokter dan bidan

Keberhasilan pencegahan dan pengendalian kanker leher rahim dan payudara tergantung dari cakupan deteksi dini yang dilakukan.

“Semakin tinggi cakupan, semakin banyak yang terjaring dan akan semakin  besar ditemukan orang yang berpotensi memiliki kanker”, jelas dr. Iva Kusdyarini Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

“Untuk meningkatkan cakupan layanan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara serta meningkatkan kompetensi petugas di puskemas, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara bagi dokter dan bidan”, menjelaskan upaya Dinas Kesehatan dalam pencegahan kanker di Kota Yogyakarta.

img_20221012150940_image.png
img_20240314115851_image.png
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani MM bersama Kepala Bapelkes memberikan arahan kepada peserta

Pelatihan yang dilaksanakan pada awal tahun 2024 tersebut bekerjasama dengan Bapelkes DIY Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pelatihan diikuti oleh sebanyak 30 nakes yang terdiri dari 16 dokter dan 14 Bidan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani MM menyampaikan peran strategis tenaga Kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Kota Yogyakarta.

img_20240314125144_image.png
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani memaparkan kebijakan pencegahan dan pengendalian kanker leher rahim dan payudara

“Hal lain yang mendukung keberhasilan pencegahan kanker adalah peran aktif masyakat dalam deteksi dini kanker. Peran aktif tersebut perlu dukungan lintas sektor dan pemangku kepentingan

sebagai jejaring yang harus dibangun dan diupayakan”, tambah Kepala Dinas.

Output kegiatan diharapkan dokter dan bidan memiliki kemampuan dalam deteksi dini kanker leher rahim dan payudara dan outcome berupa penurunan angka kesakitan kanker leher rahim dan payudara.

Pelayanan Imunisasi HPV, pemeriksaan IVA dan kriyoterapi di Kota Yogyakarta

Pelayanan Imunisasi HPV, pemeriksaan IVA dan kriyoterapi dilakukan oleh seluruh Puskesmas di Kota Yogyakarta.

Catatan :
Imunisasi HPV  merupakan program Pemerintah Kota Yogyakarta dengan sasaran anak sekolah kelas 5 & 6 SD. Pemeriksaan IVA untuk wanita usia subur yang sudah pernah kontak seksual.

(dr. iva/shol)

img_20221011153304_image.png
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago