Berita

Dinkes Bersama Rumah Sakit untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan

Dilihat 164 kali   30/08/2024 10:58:28 WIB

Tim Website Dinkes

Jajaran manajemen, fungsional medis dan tenaga kesehatan lain di Rumah Sakit Siloam tampak serius menyimak arahan pejabat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam kegiatan pembinaan rumah sakit pada Kamis, 29 Agustus 2024. Hadir dari Dinas kesehatan Kepala Bidang SDK Eko Rahmadi SKM, MPH., dr. Okto Heru Santosa Kepala Seksi Pelayanan Rujukan, Kepala Seksi Ketua, Tim Kerja perwakilan dari Bidang dan Seksi/Timja di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

 

img_20240830110046_image.png
Jajaran manajemen RS dr. Yap, staf medis, paramedis megikuti kegiatan pembinaan rumah sakit oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Kegiatan pembinaan rumah sakit di RS Siloam merupakan bagian dari seri pembinaan rumah sakit oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta periode Juli – September 2024 tahun anggaran 2024 melalui Seksi Pelayanan Rujukan, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. 

“Pada tahun 2024 ini pembinaan dilaksanakan pada seluruh rumah sakit di Kota Yogyakarta secara simultan sejak 29 Juli 2024 sampai 26 September 2024 diawali dengan RS Bethesda dan terakhir RS PKU Muhammadiyah”, jelas dr. Okto. Sebagaimana diketahui bahwa pembinaan rumah sakit difokuskan pada kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanan standar, jaminan mutu dan keselamatan pasien.

“Dinas Kesehatan menggandeng Perhimpunan Seluruh Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Cabang Provinsi Daerah Istimewa sebagai lembaga mitra yang memiliki kompetensi dalam penilaian rumah sakit atau akreditasi”, tambah dr. Okto.

 

Asri Medical Center (AMC), +62 274 618400, Jl. HOS Cokroaminoto No.17,  Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, Territoire spécial de Yogyakarta 55253,  Indonésie
RS AMC salah satu rumah sakit di Kota Yogyakarta (ft. readymap)

Anwar Dwi Cahyono, S.Kep., MPH., penangungjawab pelaksanaan menjelaskan bahwa secara teknis, pembinaan diawali dengan  assessment mandiri oleh rumah sakit dan tindak lanjut rekomendasinya.  Selanjutnya dilakukan desk untuk asesmen dan telusur melalui panel secara daring dan kunjungan offline ke rumah sakit.

“Saat desk, diawali dengan presentasi direktur rumah sakit untuk menggambarkan pelaksanaan manajemen dan pelayanan rumah sakit dalam pelayanan yang mengusung mutu dan keselamatan pasien, mirip saat penilaian akreditasi”, lanjut Anwar.

 

img_20240830113409_image.png
Paparan direktur RS DR. YAP pada kegiatan pembinaan rumah sakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Setelah presentasi direktur untuk desk bagi menjadi dua kelompok yakni Manajemen Rumah Sakit dan Pelayanan Berpusat pada Pasien (Patient Center Care) yang masing-masing dipandu oleh Anggota Tim dari PERSI yang memiliki kompetensi asesor akreditasi rumah sakit.

“Untuk telusur dokumen dan lokus secara daring dibantu oleh tracer melalui media (kamera) mobile untuk melihat on time dokumen dan hal lain yang ada dim rumah sakit”, tambah Anwar.

 

img_20240830113756_image.png
drg. Emma Rahmi Aryani, MM., Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM., mengharapkan bahwa melalui pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan semua rumah sakit di Kota Yogyakarta terpacu untuk memberikan pelayanan yang baik, mengikuti peraturan perundangan yang berlaku, bermutu dan adanya jaminan keselamatan bagi pasien, mengingat hampir semua rumah sakit di Kota Yogyakarta menjadi tujuan pengobatan bagi masyarakat di luar Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta senantiasa bersama rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.