Berita

'Apoteker Bertamu' PC IAI Kota Yogyakarta, Berantas TB bersama Dinas Kesehatan

Dilihat 113 kali   21/10/2024 12:56:57 WIB

Tim Website Dinkes

Jumat, 18 Oktober 2024 bertempat di Ruang Kayu Manis, Dinas Kesehatan menerima kunjungan audiensi Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Yogyakarta.  Tiga orang wakil Pengurus Cabang IAI Kota Yogyakarta diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, drg. Emma Rahmi Aryani, MM., Kepala Bidang P2P PD SIK, Kepala Seksi P2PM dan Imunisasi, Kepala Seksi Farmasi, Alkes dan Makanan Minuman (FAMM) beserta jajaran. Audiensi dilakukan untuk melakukan sinkronisasi dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan program Apoteker Bertamu (Berantas TB Bersamamu) yang dilaksanakan oleh PC IAI Kota Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

 

img_20241021125831_image.png
Kepala Dinas Kesehatan drg. Emma Rahmi Aryani, MM., didampingi Kabid P2P PD SIK dr. Lana Unwanah, Kasi P2PM dan Imunisasi dr. Endang Sri Rahayu, Kasi FAMM drg. Ambarwati Triwinahyu, Apoteker Madya apt Dewi Setianingrum, S.F., Wasor TB Setyogati Candra Dewi, S.ST. menerima audiensi PC IAI Kota Yogyakarta.

Program Apoteker Berantas TB Bersamamu (Bertamu) adalah program unggulan IAI yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tuberkulosis (TBC). Di Kota Yogyakarta Program Apoteker Bertamu dilaksanakan pada bulan Oktober s.d November 2024 dengan melibatkan apoteker puskesmas dan apoteker komunitas di apotek. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada program Apoteker Bertamu diantaranya adalah edukasi pencegahan tuberkulosis oleh apoteker dan skrining TB serta pengumpulan data terkait pengetahuan dan sikap masyarakat tentang TBC.

 

img_20241021131145_image.png
Audiensi program Apoteker Bertamu oleh apt. Yosepha Narwastu Eka Shanti, S.Farm., Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana PC IAI Kota Yogyakarta, didampingi apt. Wunawar, M.Sc. dan apt. Endah Sri Lestari, M.Pharm.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM menyambut baik program Apoteker Bertamu yang digelar PC IAI Kota Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan. Kepala Dinas menekankan pentingnya kolaborasi antara organisasi profesi dan pemerintah daerah dalam menekan angka insiden dan kematian akibat tuberkulosis (TBC) di Indonesia.

“Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal pencegahan TBC untuk mencapai target eliminasi TBC pada Tahun 2030,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

 

img_20241021131842_image.png
Kegiatan Active Cases Finding untuk menemukan penderita TB di Kota Yogyakarta

Kabid P2P PD SIK, dr. Lana Unwanah menyampaikan berdasarkan data Global Tuberculosis Report tahun 2023, Indonesia menempati peringkat kedua tertinggi di dunia, setelah India, untuk negara dengan estimasi kasus dan kematian akibat tuberkulosis. Untuk menurunkan angka tersebut, dibutuhkan kolaborasi  lintas sektor dalam penanggulangan kasus tuberkulosis. Harapannya program Apoteker Bertamu dapat berkelanjutan dan memperluas kegiatannya dalam pemantauan minum obat pada pasien TBC.

Mewakili Pengurus Cabang IAI Kota Yogyakarta salah satu pengurus, apt. Wunawar, M.Sc. menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta terhadap setiap program IAI Cabang Kota Yogyakarta. Apt. Munawar berharap program Apoteker Bertamu yang diperankan apoteker dengan kegiatan skrining TB dan edukasi pencegahan tuberculosis dapat membantu dalam mewujudkan eliminasi TBC di Kota Yogyakarta. (dewi_farmasi)

img_20241016091350_image.png