Berita

PENJELASAN CARA MENGGUNAKAN FOOD CONTAMINATION TEST KIT KEPADA SANITARIAN PUSKESMAS

Dilihat 2864 kali   22/03/2016 02:47:47 WIB

Tim Website Dinkes

Racun dalam makanan bisa berbahaya bagi konsumen. jika kita tidak teliti dalam memilih bahan makanan yang kita konsumsi maka kandungan kontaminan ( bahan pencemar ) dalam makanan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pencemaran makanan adalah terkontaminasinya bahan makanan oleh zat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh. ada beberapa jenis pencemaran yang terjadi pada makanan antara lain : Pencemaran Biologis; Pencemaran Kimia; dan Pencemaran oleh zat aditif ( Bahan Tambahan Makanan ) yang berbahaya. 

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melakukan penjelasan tentang cara penggunaan Food Contamination Test Kit ( Seperangkat alat uji kontaminasi makanan ) yang dihibahkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kepada Dinas Kesehatan tahun 2012 yang lalu. tetapi pada kesempatan rapat Rutin Petugas Sanitarian Puskesmas Dinas Kesehatan melakukan penjelasan tentang tata cara penggunaan alat, dengan mengundang narasumber dari Produsen Alat tersebut.

Diharapkan dengan pertemuan tersebut petugas sanitarian dapat menggunakan Food Contamination Test Kit Ini untuk pengujian Kandungan Bahan Makanan pada saat Kunjungan Lapangan, atau saat Inspeksi Sanitasi terkait Makanan