Berita

PENGEMBANGAN RW RUMAH BEBAS ASAP ROKOK TAHUN 2016

Dilihat 321 kali   13/04/2016 07:35:47 WIB

Tim Website Dinkes

Merokok dalam keluarga sangat mengganggu dan sangat membahayakan anggota keluarga lainnya, kebiasaannya merokok di dalam rumah ketika bersama anggota rumah tangga lainnya, hal ini biasa dilakukan pada pagi hari disaat sarapan bersama anak-anak dan sore sampai malam hari ketika sedang berkumpul dengan anggota keluarganya. Bisa dibayangkan didalam rumah tangga yang ukuran rumahnya tidak terlalu besar dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, dipenuhi oleh asap rokok dari sang kepala keluarga maupun penikmat rokok lainnya. Anggota keluarga yang tidak merokok tetapi terpapar asap rokok dinamakan Perokok Pasif. Jadi sebagian besar anggota rumah tangga merupakan perokok pasif. Perokok pasif sama berbahaya dengan  perokok aktif.

Dalam hal ini CHT (Cukai Hasil Tembakau) Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengembangkan RW Rumah Bebas Asap Rokok di Tahun 2016.  Untuk saat ini RW yang sudah mendeklarasikan RW Rumah Bebas Asap Rokok sudah ada 85 RW. Adapun sudah terjadwalkan untuk tahun ini sosialisasi di 10 RW yang diawali di RW 01 Sitisewu Sosromenduran Gedongtengen pada hari Senin 11 April 2016 yang disosialisasikan oleh Dr Endang Sri Rahayu dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Dr Tri Kusumo Bawono kepala Puskesmas Gedongtengen.

Adapun RW yang yang sudah terdaftar untuk disosialisasikan RW Rumah Bebas Asap Rokok di Tahun 2016 adalah Rw 01 Sosromenduran, 09 Suryatmajan, 09 Terban, 11 Terban, 04 Purbayan, 12 Rejowinangun, 13 Suryodiningrat, 07 Gedongkiwo, 04 Mujamuju, 05 Tahunan.

Dengan adanya kegiatan ini agar masyarakat lebih mengetahui dan menjalankan apa yang menjadi pembelajaran dalam materi sosialisasi yang disampaikan. Pendekatan langsung kepada masyarakat perlu digalakan  terus menerus, karena angka perokok di Kota Yogyakarta masih begitu banyak, baik perokok pribumi maupun perokok pendatang.

INGAT.... INGAT....

PEREDARAN ROKOK BERHENTI APABILA TIDAK ADA YANG MEMBELI DAN MENGKONSUMSI... d&D

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago