TUJUH TIPS MENJAGA KESEHATAN TELINGA

Memperingati Hari Kesehatan Pendengaran 2017 maka kita perlu mengetahui cara-cara melakukan perawatan telinga setiap hari.

  1. Bersihkan Setiap Hari.Telinga harus dibersihkan 1-2 kali sehari. Untuk daun telinga dapat dibersihkan dengan air bersih yang dicampur dengan baby oil atau menggunakan kain basah.
  2. Batasi Cotton Bud. Penggunaan cotton bud bisa dipakai sesering mungkin, namun hanya membersihkan daun telinga dan rongga telinga luar saja. Kebiasaan menggunakan cottonbud kurang tepat, karena dapat mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam.
  3. Hindari Ear Candle. Penggunaan ear Candle untuk membersihkan telinga tidak dianjurkan bahkan dilarang oleh dokter THT. Pasalnya dapat menimbulkan luka bakar dan wax yang digunakan dapat menempel pada gendang telinga sehingga menggangu pendengaran.
  4. Rajin ke THT. Kontrol untuk memeriksa diri ke THT dianjurkan 6 bulan sekali atau ketika ada keluhan.
  5. Jangan Meneteskan Air. Ketika telinga kemasukan air, sering kali kita meneteskan air untuk memancing air didalam telinga keluar. Kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan pendengaran apalagi kita tidak tahu kondisi didalam telinga. Agar aman, sebaiknya kita cukup memiringkan telinga sambil menarik daun telinga agar air yang terperangkap keluar.
  6. Membersihkan Secara Alami. Gerakan mengunyah makanan dapat membantu sirkulasi pengeluaran kotoran telinga secara alamiah
  7. Hindari Kebisingan. Hindari tempat-tempat bising  jangan lupa gunakan alat pelindung diri jika bekerja di tempat bising seperti earplug dan ear muff. Ketika menggunakan ear Phone jangan terlalu bising karena merusak gendang telinga.

Sumber : Promkes Depkes RI


comments powered by Disqus