Berita

Pemerintah Kota Yogyakarta Terima Universal Health Coverage (UHC) Award

Dilihat 1229 kali   15/03/2023 11:19:59 WIB

Tim Website Dinkes

img_20221012150940_image.png

Pada Selasa 14 Maret 2023 Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas capaian kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Yogyakarta. Hadir di Balai Sudirman Jakarta Selatan bersama dengan 22 pemerintah provinsi, 252 Kabupaten dan 82 Kota dari seluruh Indonesia, Pemerintah Kota Yogyakarta menerima UHC Award.

 

img_20230315112411_image.png
Mewakili Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM menerima UHC Award

Penghargaan UHC Award tahun 2023 ini merupakan penghargaan yang kedua bagi Pemerintah Kota Yogyakarta. UHC Award pertama diberikan oleh pemerintah pusat pada pada tanggal 23 Mei 2018. 

Mewakili Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM menerima UHC Award dari Wakil presiden RI yang didampingi Menko PMK, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan.

“Alhamdulillah, pemerintah Kota Yogyakarta pada tahun 2023 ini menerima Universal Health Coverage (UHC) Award yang kedua. Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung capaian UHC Kota Yogyakarta, terutama tim Dinas Kesehatan yang telah berusaha keras untuk mewujudkan capaian UHC setinggi-tingginya”, apresiasi Kepala Dinas Kesehatan drg. Emma Rahma Aryani kepada semua pihak yang telah mewujudkan capaian UHC di Kota Yogyakarta seusai menerima penghargaan.

 

img_20230315112611_image.png
Wakil Presiden RI Menyerahkan UHC Award untuk Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X

“Selanjutnya Pemerintah kota Yogyakarta akan berkomitmen mempertahankan status UHC, melakukan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, perbaikan penyelenggaraan Program JKN serta melakukan penguatan peran semua pihak dalam rangka pelaksanaan program JKN sehingga jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Kota Yogyakarta dapat terlaksana dengan baik”, jelas drg Emma berkaitan dengan upaya perbaikan program JKN di Kota Yogyakarta.

 

img_20230315112904_image.png
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmi Aryani, MM menunjukkan Tropi dan Piagam UHC Award Tahun 2023

UHC Award diberikan oleh pemerintah pusat sebagai apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia, dan seperti diketahui bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menerapkan Universal Health Coverage (UHC) telah mencapai angka 97,90 persen.

Adanya program unggulan PDPD  atau setiap penduduk (KTP) Kota Yogyakarta didaftarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta ke dalam program JKN, diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan dalam JKN”, jelas drg. Umi Nur Chariyati, MPH Sub Koordinator Penjaminan dan Peningkatan Mutu Kesehatan penanggung jawab kegiatan terkait Program JKN Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tentang cakupan kepesertaan program JKN.

img_20230315113337_image.png
Berfoto bersama Kepala Daerah lain penerima UHC Award dari seluruh Indonesia

Universal Health Coverage di Kota Yogyakarta merupakan komitmen pemerintah Kota Yogyakarta dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi warganya. Masyarakat sehat, produktifitas meningkat, kesejahteraan terangkat (umi/SDR)

img_20221011153304_image.png
Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago