Berita

Bersama DPRD Kota Yogyakarta, Sosialisasi GERMAS dan PDPD

Dilihat 1826 kali   18/03/2023 06:48:57 WIB

Tim Website Dinkes

img_20220922110436_logoig_promkesdinkes.jpg

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bersama Komisi D DPRD Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi dan edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan PDPD bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Kegiatan pada 8 Februari – Maret 2023 tersebut dilaksanakan di 14 Kemantren secara bergantian.

 

img_20230318065732_dprd_germas.jpg
Dhian Novitasari, S.Pd. Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan paparan

“Ya, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka membangun budaya hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)”, tegas drg. Arumi Wulansari, MPH, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan memberikan penjelasan tujuan kegiatan tersebut.

Selain sosialisasi dan edukasi tentang GERMAS, pertemuan dengan masyarakat tersebut juga sebagai media memberikan informasi tentang program Penduduk Didaftarkan Pemerintah Daerah (PDPD) pada tahun 2023.

“Sosialisasi PDPD ini sangat penting, diharapkan masyarakat mengetahui dan segera memanfaatkan jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta dan sekaligus untuk meningkatkan capaian Universal Health Coverage di Kota Yogyakarta”, drg. Umi Nur Chariyati, MPH, Sub Koordinator Penjaminan dan Peningkatan Mutu Kesehatan menambahkan informasi terkait dengan PDPD.

Perlu diketahui bahwa PDPD merupakan program unggulan dimana setiap penduduk (KTP) Kota Yogyakarta didaftarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta ke dalam program JKN sebagai wujud tanggungjawab pemerintah Kota Yogyakarta dalam memberikan jaminan kesehatan kepada warganya.

 

img_20230318065800_dprd_germas1.jpg
Edukasi dan Sosialisasi GERMAS dan PDPD, Dinas Kesehatan dan DPRD Kota Yogyakarta di Kemantren Jetis

Hadir dalam seluruh kegiatan yang dilaksanakan di 14 Kemantren unsur lembaga pemerintah dan lembaga kemasyakatan setempat diantaranya Kemantren, Kelurahan, TP PKK, Kelurahan Siaga, LPMK, dan juga Kader Kesehatan.

Tersampaikan informasi dan edukasi GERMAS dan PDPD diharapkan masyakat dapat melakukan upaya pencegahan terhadap munculnya masalah kesehatan dengan melakukan perilaku hidup yang sehat dan bersih sebagimana tujuan dari Gerakan Masyarakat Sehat. Selain itu jika mendapatkan masalah kesehatan dan membutuhkan akses ke pelayanan kesehatan dapat dengan mudah dan terjangkau karen adanya program PDPD melalui Jaminan Kesehatan Daerah yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta. 

Kehadiran wakil rakyat khususnya dari Komisi D DPRD Kota Yogyakarta yang memberikan dukungan kebijakan dan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan di Kota Yogyakarta, menguatkan upaya dalam menumbuhkan perilaku hidup yang lebih sehat bagi masyarakat Kota Yogyakarta.

 

img_20230318065819_dprd_germas2.jpg
Edukasi dan Sosialisasi GERMAS dan PDPD, Dinas Kesehatan dan DPRD Kota Yogyakarta di Kemantren Umbulharjo

“Kami berharap kepada pemangku wilayah kemantren, Kelurahan, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat, untuk selalu menyampaiakan pada setiap kesempatan tentang Gerakan Masyarakat Sehat, berperilaku hidup sehat, sehingga masyarakat Kota Yogyakarta menjadi masyarakat yang sehat dan sadar berperilaku sehat Pesan Dhian Novitasari, S.Pd salah satu anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta dalam salah satu kegiatan tersebut.

Sebagaimana diketahui pada 14 Maret 2023 Kota Yogyakarta mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage award dari pemerintah Pusat terkait dengan cakupan kepesertaan JKN sebesar 97,90 dan salahsatunya adanya program PDPD di Kota Yogyakarta. (tim promkes/arumi/SDR)

img_20221011153304_image.png

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago