Berita

PENGUATAN SURVEILANS RUMAH SAKIT JOGJA

Dilihat 981 kali   14/04/2016 02:06:56 WIB

Tim Website Dinkes

Pelaksanaan kegiatan surveilans tidak bisa hanya dijalankan oleh satu pihak saja. Perlu tanggung jawab dan kerjasama dari berbagai instansi dan sektor. Saat ini Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta telah memiliki jejaring hingga pada tingkat kelurahan dan RS. Kegiatan surveilans harus terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB), atau bila KLB sudah terjadi dapat segera dilakukan tindakan penanggulangan agar tidak terjadi peningkatan kesakitan atau kematian. Hal inilah yang mendorong dilaksanakannya kegiatan koordinasi penguatan surveilans RS.

RSUD Kota Yogyakarta merupakan RS pertama yang dikunjungi oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam kegiatan penguatan surveilans RS, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 21 Maret 2016 di ruang komite medis RSUD Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh petugas surveilans dari Dinas Kesehatan, petugas surveilans RS, perwakilan poli dan UGD, koordinator kegiatan surveilans Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imuninasi (PD3I), petugas laboratorium dan IT. Selain bertujuan untuk penguatan surveilans RS dan surveilans PD3I, kegiatan ini juga bertujuan sebagai penyegaran alur surveilans dan alur pelaporan yang terdiri dari surveilans penyakit potensi KLB, AFP (Acute Flacid Paralisys) dan CBMS (Case Based Measles Surveillance).

Selain itu, pada kesempatan ini juga dipaparkan hasil laporan rutin yang telah dikumpulkan setiap minggunya yaitu laporan W2 RS dan laporan yang dikumpulkan setiap bulan yaitu laporan bulanan STP (Surveilans Terpadu Penyakit) RS, dimana seluruh laporan RSUD Kota Yogyakarta memiliki nilai kelengkapan 100%, namun untuk ketepatan masih harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Tidak hanya memaparkan informasi dan materi, Dinas Kesehatan juga menampung masukan dan saran yang diberikan RS serta masalah yang dihadapi untuk diberikan solusi sehingga pelaksanaan surveilans RS dapat semakin baik. (WH,0416)

Seksi Surveilans dan SIK

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago