Berita

KOORDINASI SURVEILANS RUMAH SAKIT SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SURVEILANS DI RUMAH SAKIT HAPPY LAND

Dilihat 1581 kali   14/04/2016 02:27:28 WIB

Tim Website Dinkes

Kamis, 7 April 2016 (10.00 WIB), diadakan pertemuan koordinasi surveilans RS Happy Land. Pertemuan ini mendapatkan sambutan yang baik oleh pihak RS Happy Land yang disambut langsung oleh direksi RS Happy Land. Tujuan pertemuan ini adalah untuk memperkuat jejaring surveilans rumah sakit dengan cara bersilaturahmi seperti kata pepatah ”tak kenal maka tak sayang”. RS Happy Land merupakan RS kelima yang dikunjungi oleh Dinas Kesehatan dalam kegiatan penguatan jejaring surveilans RS.

Pada pertemuan ini dilakukan diskusi terkait alur pelaporan surveilans, baik surveilans penyakit potensi KLB dan PD3I, tata cara pengambilan dan pengiriman specimen pasien AFP, pelaporan W2 mingguan, serta STP bulanan rumah sakit. Catatan penting bagi rumah sakit  dalam pengisian format AFP dan C1 Campak adalah alamat domisili pasien harus dituliskan bukan hanya alamat KTP  serta nomor telepon, untuk mempermudah surveilans kelurahan untuk  melakukan Pelacakan Epidemiologi (PE). Selain itu, penulisan jenis kelamin juga hal yang tidak boleh dilupakan.

            Kelengkapan pengumpulan laporan RS Happy Land baik  laporan mingguan W2 dan bulanan STP telah mencapai 100%, namun untuk ketepatan masih harus ditingkatkan. Mengingat kelengkapan dan ketepatan merupakan indikator sebuah laporan yang dikatakan baik. Laporan yang dikumpulkan tepat waktu sudah pasti lengkap, namun laporan yang dikumpulkan lengkap belum tentu tepat. Untuk kedepannya RS diharapkan dapat mengumpulkan laporan dengan ketepatan dan kelengkapan 100% agar tercapainya tujuan surveilans. (DY, 0416)

Seksi Surveilans dan SIK

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago